Pemkab Minahasa Gelar Sosialisasi Penyusunan Perjanjian Kinerja Perangkat Daerah

Kinerja Perangkat Daerah, Basaria Tiara D L Gaol,TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Selasa (14/2/2017), Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2017.

Sebagai penanggung jawab kegiatan ini adalah Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa.

Sosialisasi dibuka Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, SH, dihadiri utusan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Kepala Bagian Organisasi Basaria Tiara D L Gaol, SE, MMSI, Mcom (IS) dalam laporannya, mengatakan, perjanjian kinerja adalah penugasan pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada level yang lebih rendah sesuai dengan indikator kinerja agar dapat terwujud kinerja yang seimbang.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Umum Hetty Rumagit, menyampaikan, perjanjian kinerja wajib dilaksanakan oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah karena perjanjian kinerja merupakan wujud nyata komitmen antara penerima dan pemberi amanah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur, menciptakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur, sebagai dasar penilaian keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi, sebagai dasar pemberian penghargaan dan sanksi, sebagai dasar pemberi amanah untuk melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi atas pekembangan kemajuan kinerja penerima amanah, juga sebagai dasar dalam penetapan sasaran kinerja pegawai.

Perjanjian kinerja juga merupakan instrumen pengukur penyusunan lkjlp.

Penyusunan perjanjian kinerja disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi yang bermuara pada dokumen pelaksanaan anggaran di masing masing perangkat daerah, yang berpangkal pada dokumen perencanaan baik Rencana Strategis dan Rencana Kerja maupun RPJMD Kabupaten Minahasa.

Diketahui, menjadi narasumber pada kegiatan itu, Karo Organisasi Setda Prov Sulut Farly Kotambunan, SE, M.Si, Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Setda Prov Sulut V. S. Sumenge, SH MH, Kasubag Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Setdaprov Sulut Fonny W Purukan S.Sos. (rom)