Musim Tanam, Petani Minta Pemkab Minsel Jamin Ketersediaan Pupuk

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Sulitnya Petani mendapatkan pupuk di pasaran (apalagi pupuk besubsidi milik pemerintah), membuat sejumlah Petani di Kabupaten Minahasa Selatan pesimis bahwa hasil panen akan maksimal dan memenuhi harapan.

Olehnya, menghadapi musim tanam, kalangan Petani, mengingatkan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dapat menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi bagi seluruh Petani.

“Artinya bukan hanya para petani yang tergabung dalam kelompok tani, tapi juga Petani biasa yang tidak termasuk dalam kelompok tani, namun rajin menanam meskipun untuk mendapatkan pupuk harus rela mengeluarkan biaya yang cukup besar,” ujar Markus Santi petani asal Motoling.

Sebab sebagian besar warga yang berprofesi sebagai Petani, tidak termasuk anggota kelompok tani, sehingga untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sangat sulit.

“Nah, jika pemerintah ingin program ketahanan pangan dan program Pertanian berhasil sesuai harapan, Pemerintah harus menjamin ketersediaan pupuk, sehingga seluruh masyarakat (Petani) akan mudah memperoleh pupuk,” pungkasnya. (lou)

Add Comment