Walikota Bitung Buka Pelatihan Pembuatan Hidroponik dan Pertanian Organik

Reporter : | 31 Jan, 2017 - 9:52 pm WITA

 Hidroponik ,Pertanian Organik,

Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung saat memberi pelatihan.(ist)

BITUNG, (manadotoday.co.id)—Dilatarbelakangi ketergantungan warga Kota Bitung terhadap hasil pertanian dari luar kota, mendorong TP-PKK Kota Bitung, untuk melaksanakan Pelatihan Pembuatan Hidroponik dan Pertanian Organik untuk Petani dan Pelaku Agribisnis.

Kegiatan ini dibuka Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri-Tangkudung, di rumah dinas Walikota, Senin (30/1/2017).

“Saat ini, sebagian besar hasil pertanian masih diperoleh dari daerah lain yang berada diluar Kota Bitung, dan saatnya melalui metode pertanian hidroponik kita dapat membangun sektor ketahanan pangan kita secara mandiri,” tutur Lomban.

Untuk itu lanjut Lomban, kepada masyarakat yang terlebih khusus untuk para petani dan pelaku agribisnis, serta ibu-ibu dari berbagai organisasi wanita, yang mengikuti kegiatan tersebut, agar nantinya memiliki pemahaman, menambah wawasan serta bekal dan keterampilan, untuk mampu mengimplementasikan dan mengintergrasikannya, dalam lingkup kecil dan mampu mengembangkannya dalam dunia usaha.

“Sejalan dengan kebutuhan masyarakat juga, akan muncul pula kewaspadaan akan keamanan pangan yang saat ini beredar di masyarakat, kecenderungan pemakaian pestisida dan pupuk kimiawi dalam pertanian konvensional secara berlebihan akan menjadi realita yang terjadi dalam masyarakat,” tambah Lomban.

Lanjutnya lagi, dalam membangun iklim investasi sektor agribisnis yang ramah akan lingkungan, serta pembangunan pertanian kota yang akan menjadi salah satu unggulan program pemerintah saat ini.

“Dengan adanya pelatihan ini, mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta kemampuan dan keterampilan para peserta untuk menyerap ilmu tentang hidroponik dan pertanian organik yang nantinya dapat bermafaat dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kunci Lomban.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment