Mendikbud Tegaskan Tahun 2017 Tetap Dilaksanakan Ujian Nasional

Reporter : | 31 Jan, 2017 - 6:05 pm WITA

 

JAKARTA, (manadotoday.co.id)–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  RI Prof Dr Muhadjir Effendy menehaskan, tahun 2017 Ujian Nasional tetap dilaksanakan.

Mendikbud dan Ir Stefanus BAN Liow saat Raker

Mendikbud dan Ir Stefanus BAN Liow saat Raker

Hal tersebut dikatakannya pada Rapat Kerja Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) dengan Mendikbud di Kompleks Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Dalam raker tersebut, Mendikbud yang didampingi jajaran Pejabat Eselon I dan II memaparkan program dan anggaran Kemendikbud Tahun 2017 tentang  Kebijakan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) Tahun 2017.

” Jika UNBK tidak dapat dilaksanakan, maka UN dilaksanakan berbasis kertas,” katanya. . Lebih lanjut Mendikbud menjelaskan, penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan dilakukan melalui Ujian Sekolah (US). US ditingkatkan mutunya menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata belajaran.

Dalam Raker yang berlangsung sekitar 3 Jam, Anggota Komite III DPD RI dari Provinsi Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow mengatakan,permasalahan yang dijumpai dalam pelaksanaan berbasis kertas,  proses pelelangan penggandaan dokumen ujian di kementerian dan perusahaan pencetakan di luar daerah, sehingga kadangkala distribusi tidak efisien, proses pengawasan tidak terkontrol secara efisien.

Untuk UNBK, Stefa meminta perlu pelatihan cukup bagi operator, teknisi pada satuan pendidikan dan sarana prasarana komputer yang masih terbatas, apalagi sering padamnya aliran listrik.

Mendikbudsalam Raker

Mendikbudsalam Raker

”USBN menjadi harapan  dan dambaan daerah dan sekolah di mana 75-80 prosen soal yang berupa pilihan ganda dan essai disusun dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran,” tukas Stefa.

Sementara Ketua Komite III DPD RI Drs Hardi Selamat Hood MSi PhD berharap Kemendikbud RI benar-benar mengimplimentasi program tahun 2017 untuk kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment