Mitra Bakal Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro di Desa Poniki

Reporter : | 27 Jan, 2017 - 1:28 pm WITA

Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro , Desa Poniki, PLTMH, PT Pacifik Kawanua Lestari RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali dilirik para investor luar, kali ini rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH) di desa Poniki, Kecamatan Pasan. Hal ini terungkap dalam rapat pemeriksaan terkait Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada Kamis (26/1/2017).

Saat ini sedang lakukan pemeriksaan kelengkapan proposal UKL-UPL oleh PT Pacifik Kawanua Lestari yang akan dilakukan pihak DLH, guna penerbitan ijin lingkungan, serta dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam proses pembangunan PLTMH, ujar Kepala Dinas DLH dr Tommy Soleman, melalui Kepala Bidang Tata Rencana Kajian dan Pengaduan Kasus Lingkungan Hidup, Linda Tololiu S.Sos ME, Kamis (26/1/2017).

Tololui mengatakan rencana pembangunan PLTMH ini akan menghasilkan 2 mega watt, yang dapat melayani listrik di beberapa wilayah yang ada di Minahasa Tenggara, melalui air sungai di desa Poniki.

“Jadi nanti setelah dikaji sudah sesuai UKL- UPL maka akan diajukan ke bupati untuk mendapatkan ijin lingkungan. Dan selanjutnya diserahkan kepada pemrakarsa untuk kelanjutan proses dokumen,”jelas Tololiu.

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Robby Ngongoloy, mengatakan saat membuka rapat pemeriksaan UKL-UPL di kantor DHL, agar Dinas Lingkungan Hidup mengkaji sebaik- baiknya UKL-UPL, agar dikemudian hari tidak terjadi hal yang kita tidak inginkan.

“Saya berharap pihak pemrakarsa untuk serius menyiapkan dokumen yang diminta, agar proses pengurusan dapat berjalan lancar”, harap Ngongoloy.

Hadir pada rapat tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hisup dr Tommy Soleman, sejumlah instansi terkait, staf DLH serta pihak Dirut PT Pacifik Kawanua Lestari Shandy Gunawan dan empat personil konsultan.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment