PAD Pasar Tahun 2017 Takkan Jauh Berbeda Dengan Capaian Tahun 2016

Teddy Langoy
Teddy Langoy

RATAHAN, manadotoday.co.id) – Pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Koperasi UMKM Minahasa Tenggara (Mitra) tahun 2017 berpeluang sama seperti capaian tahun 2016, pasalnya, pasar yang akan selesai dibangun tahun 2017 ini, belum akan ditarik retribusi, namun digratiskan selama 6 bulan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Dinas Koperasi UMKM, Dra Makalow melalui Kepala Bidang Perdagangan Teddy Langoy, bahwa target PAD 2017 takkan jauh berbeda dengan target pada tahun 2016.

“Namun saya belum melihat perinciannya dan mungkin seperti tahun lalu,” kata Langoy.

Langoy, menjelaskan target pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) induk tahun 2016 senilai Rp100 juta menjadi Rp120 juta pada APBD perubahan, dan realisasinya sekira Rp106 juta, jelas Langoy, Rabu (18/1/2016).

Restribusi pasar baru akan digratiskan selama 6 Bulan oleh Pemkab, dan memang berpengaruh terhadap capaian pendapatan daerah.

Namun, kami kira kebijakan pemerintah ini diyakini dapat memberikan keleluasan bagi para pedagang untuk memotivasi masyarakat agar taat pajak, kata Langoy, sembari menjelaskan dalam waktu dekat pemkab akan meresmikan tiga pasar yakni pasar Tombatu, pasan, dam Ratahan.(ten)