Manusia Terakhir yang Menginjakkan Kaki di Bulan Meninggal Dunia

Reporter : | 17 Jan, 2017 - 3:56 pm WITA

 Eugene A. Cernan, Bulan

Eugene A. Cernan (foto: Xinhua)

MANADOTODAY.CO.ID – Astronot Apollo Eugene A. Cernan, manusia terakhir yang menginjakkan kaki di bulan, meninggal dunia pada usia 82 tahun pada, Senin (16/01/2017) kemarin.

“Kami sedih dengan meninggalnya pensiunan astronot NASA Gene Cernan, manusia terakhir yang berjalan di bulan,” kata NASA dalam sebuah tweet.

Keluarga Cernan mengumumkan bahwa dia meninggal pada Senin menyusul masalah kesehatan yang dia alami.

“Keluarga kami sangat sedih, tentu saja, dan kami benar-benar menghargai pikiran dan doa semua orang. Gene, dia dikenal oleh begitu banyak orang, suami yang penuh kasih, ayah, kakek, saudara dan teman,” kata keluarga Cernan.

“Bahkan pada usia 82 tahun, Gene bersemangat tentang berbagi keinginannya untuk melihat eksplorasi manusia lebih lanjut di luar angkasa dan mendorong para pemimpin bangsa kita dan orang-orang muda untuk tidak membiarkan dia tetap menjadi manusia terakhir yang berjalan di Bulan.” ungkap keluarga.

Lahir di Chicago, Illinois, pada tanggal 14 Maret 1934, Eugene Cernan, lebih dikenal sebagai Gene, adalah komandan pesawat ruang angkasa Apollo 17, misi berawak terakhir yang dijadwalkan untuk bulan.

Misi terakhir ke bulan pada tahun 1972 memecahkan beberapa rekor, termasuk: pendaratan pesawat berawak terlama di bulan (301 jam 51 menit), kegiatan extravehicular permukaan bulan terlama (22 jam 6 menit), membawa pulang sampel bulan terbanyak (sekira 115 kg ( 249 lbs.), dan waktu terlama meng-orbit di bulan (147 jam 48 menit).

Ketika Cernan melangkah keluar dari “Challenger”, dia menjadi manusia ke-11 yang berjalan di bulan, dan manusia terakhir di bulan.

Sumber: Globaltimes.cn

Baca Juga :

Leave a comment