Peneliti Temukan Cara yang Mungkin Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Reporter : | 13 Jan, 2017 - 2:13 pm WITA

Jenis Kelamin Bayi, tekanan darah

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Perempuan dapat mengontrol apakah mereka ingin memiliki anak laki-laki atau perempuan dengan menaikkan atau menurunkan tekanan darah sebelum hamil, sebuah penelitian baru menemukan.

Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi lebih mungkin untuk melahirkan anak laki-laki, penelitian inovatif menunjukkan.

Sebuah tim di Mount Sinai Hospital di Toronto, Kanada, menemukan bahwa wanita dengan tekanan darah tinggi, memiliki kemungkinan sekira 45 persen untuk memiliki anak laki-laki dibandingkan dengan darah rendah.

Dr Ravi Retnakaran, peneliti utama, mengatakan temuan mereka, “menunjukkan bahwa tekanan darah wanita sebelum kehamilan, merupakan faktor yang sebelumnya tidak dikenal yang terkait dengan kemungkinan memberikan anak laki-laki atau perempuan”.

Pilihan gaya hidup yang buruk, seperti merokok, minum (alkohol) berlebihan, tidak berolahraga dan kelebihan berat badan, kurang tidur serta stres, semua itu mengarah ke tekanan darah tinggi yang tidak normal, dikenal sebagai hipertensi.

Untuk menguji apakah tekanan darah memiliki peran dalam menentukan rasio jenis kelamin bayi, Dr Retnakaran merekrut 1.411 wanita China yang berencana untuk memiliki anak dalam waktu dekat.

Kondisi medis para wanita di tes saat awal dan selama kehamilan, dan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan glukosa mereka diukur.

Mereka dites pada median 26,3 minggu sebelum kehamilan, dan menghasilkan kelahiran 739 anak laki-laki dan 672 perempuan.

Setelah menyesuaikan usia, pendidikan, merokok, BMI, kolesterol, trigliserida dan glukosa, mereka yang memiliki tekanan darah sistolik sebelum kehamilan ditemukan lebih tinggi pada wanita yang kemudian memiliki anak laki-laki daripada mereka yang memiliki seorang anak perempuan – 106,0 vs 103,3 mm HG.

Tapi Dr Retnakaran memperingatkan temuan, “bisa menjadi sangat bermasalah dan berpotensi berbahaya pada populasi yang mendukung lahirnya satu jenis kelamin.”

Dia mengatakan jenis kelamin janin ditentukan oleh kromosom seksual dari sperma, dengan spermatozoa membawa proporsi yang lebih tinggi dari kromosom Y menghasilkan anak laki-laki, sementara kromosom X memproduksi perempuan.

Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension.

Sumber: Mirror.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment