Di Minahasa Harga Cabai Tembus Rp.80.000 per-kilo

Cabai ,Harga Cabai , Harga Cabai minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Saat ini Indonesia dikejutkan oleh pedasnya harga cabai. Di pulau Jawa harga kebutuhan pokok tersebut menembus angka Rp250.000/kg khusus untuk jenis cabai cabe rawit, sedangkan untuk jenis cabai keriting berada di kisaran Rp160.000/kg. Dan di kabupaten Minahasa harga cabai khusus untuk cabai rawit di dua pasar masing-masing pasar Tondano dan Kawangkoan mulai merangkak naik.

Sabtu pekan lalu harga masih berkisar Rp65.000/kg dan Kamis (12/1) hari ini, harga cabai rawit merangkak naik pada level Rp80.000/kg.

“Perkilogram hari ini Rp80.000/kg, padahal Sabtu pekan lalu masih di bawah harga tersebut, sedangkan cabai keriting perkilogram Rp30.000, sebelumnya hanya Rp 15.000/kg,” tukas Ali Musron pedagang pasar Tondano dan Emil Dasri pedagang pasar Kawangkoan.

Kenaikan harga cabai rawit dan keriting menurut pengakuan keduanya disebabkan oleh cuaca hujan yang intens akhir-akhir ini. Ironisnya lagi, lanjut keduanya harga cabai akan terus naik terutama untuk cabai rawit yang sebagian besar di datangkan dari Gorontalo.

“Sepertinya musim hujan belum akan usai, artinya tak menutup kemungkinan harga cabai akan naik lagi,” papar keduanya. (rom)