Usia Bulan Ternyata Jauh Lebih Tua Dari yang Diperkirakan Sebelumnya

Reporter : | 12 Jan, 2017 - 4:34 pm WITA

Usia Bulan , Usia terbaru Bulan , Uranium-lead

(foto: Petros Giannakouris)

MANADOTODAY.CO.ID – Ternyata usia bulan jauh lebih tua dari yang banyak ilmuwan duga sebelumnya: berusia matang 4.51 miliar tahun.

Perkiraan terbaru, berkat batu dan tanah yang diambil oleh Apollo 14 pada tahun 1971, AP melaporkan.

Sebuah tim peneliti melaporkan pada, Rabu (11/1/2017), bahwa bulan terbentuk dalam 60 juta tahun setelah tata surya lahir. Perkiraan sebelumnya berkisar dalam 100 juta tahun dan 200 juta tahun setelah penciptaan tata surya.

Para ilmuwan menggunakan metode penanggalan uranium-lead untuk menentukan usia dari mineral zirkon yang diekstrak dari sampel bulan Apollo 14. Potongan-potongan zirkon sangat kecil – tidak lebih besar dari butiran pasir.

Uranium-lead (U-Pb) adalah salah satu skema penanggalan radiometrik tertua dan paling halus. Metode ini dapat digunakan untuk menentukan usia suatu benda dari sekira 1 juta tahun sampai lebih dari 4,5 miliar tahun yang lalu dengan presisi di kisaran 0,1-1 persen – Wikpedia.

Bulan tercipta dari puing-puing yang terlempar dari Bumi. Bumi sendiri diperkirakan berusia sekira 4.54 miliar tahun.

Penulis utama penelitian yang diterbitkan pada Rabu mengatakan bulan mempunyai, “begitu banyak keajaiban … kunci untuk memahami bagaimana bumi kita yang indah terbentuk dan berevolusi.”

Ini adalah penelitian kedua tentang bulan minggu ini. Pada hari Senin, ilmuwan Israel mengatakan bulan sebenarnya gabungan dari bulan-bulan kecil. Bukannya dari satu bongkahan besar yang berasal dari bumi.

Menurut peneliti bulan terbentuk dari serangkaian tabrakan kecil yang mungkin telah menciptakan beberapa bulan kecil yang akhirnya melebur menjadi satu.

Sumber: Newser.com

Baca Juga :

Leave a comment