Stadion Megah Warisan Piala Dunia Brasil dan Olimpiade Rio Sekarang Dalam Kondisi Hancur

Reporter : | 11 Jan, 2017 - 2:22 pm WITA

Piala Dunia Brasil ,Olimpiade Rio ,Stadion Maracana

(foto: News.com.au)

MANADOTODAY.CO.ID – Stadion warisan Piala Dunia Brasil 2014 dan Olimpiade Rio 2016, Maracana, sekarang sedang menunggu waktu untuk ‘hancur’.

Stadion sepak bola yang sempat diagung-agungkan tersebut sekarang dipenuhi kucing liar dan tumpukan sampah yang dibiarkan di sana selama berminggu-minggu, The Sun melaporkan.

Maracana, yang merupakan salah satu arena sepakbola terbaik di dunia, menjadi korban buruknya pengaturan pemerintah saat menggelar Piala Dunia 2014 dan Olimpiade tahun lalu.

Stadion yang dibuka pada tahun 1950 tersebut, direnovasi dengan dana £ 500 juta atau sekira Rp8 triliun, namun, renovasi telah terhenti setelah tiga perusahaan yang terlibat dinyatakan bersalah atas korupsi.

Lebih dari 7.000 dari 80.000 kursi yang ada telah hilang, ada lubang menganga di langit-langit stadion dan fasilitas pendukung lainnya menghilang entah ke mana.

Piala Dunia Brasil ,Olimpiade Rio ,Stadion Maracana

(foto: News.com.au)

Pemerintah Rio dan Maracana SA – perusahaan yang bertanggung jawab untuk menjalankan stadion – menyalahkan panitia penyelenggara Rio 2016. Maracana SA menolak untuk menerima tanggung jawab sampai panitia Olimpiade melakukan perbaikan.

Stadion ini biasanya digunakan oleh tiga klub sepak bola profesional Rio – Flamengo, Fluminese dan Vasco – untuk pertandingan besar. Tapi, mereka tidak dapat bermain di sana saat stadion digunakan untuk Piala Dunia dan kemudian untuk turnamen sepak bola Olimpiade, bersama dengan pembukaan dan penutupan Olimpiade.

Dan sejak dibangun kembali, biaya untuk menggelar pertandingan di sana meroket.

“Untuk sepak bola di Rio de Janeiro dan bagi masyarakat Rio, Piala Dunia adalah hal terburuk yang pernah terjadi. Itu membuat stadion ditutup selama tiga tahun, dan kemudian hanya dapat dibuka kembali dengan biaya yang sangat mahal.” kata Rubens Lopes, Presiden federasi sepak bola Rio.

Terakhir kali mereka bermain di sana, pada bulan Oktober tahun lalu, Flamengo bahkan harus mengganti lapangan karena belum disiram dan tidak terpelihara.

Rumput dibiarkan membusuk setelah pertandingan, dengan stadion hanya digunakan pada akhir Desember saat pertandingan amal untuk korban kecelakaan pesawat Chapecoense. Sampah yang ditinggalkan oleh penonton yang menghadiri pertandingan pada 28 Desember masih belum dibersihkan sampai sekarang.

Aliran listrik telah diputus karena kondisi kabel listrik yang buruk. dan semua peralatan komputer telah diambil agar tidak dicuri.

Sekarang, tidak jelas apakah Maracana berada dalam kondisi yang baik untuk menggelar pertandingan sepak bola lagi.

Sumber: News.com.au

Baca Juga :

Leave a comment