“Saatnya Daerah Harus Jadi Sutradara Pelopor Pembangunan”

Reporter : | 10 Jan, 2017 - 9:06 pm WITA

Frangky Manumpil, Daerah Pelopor Pembangunan

Frangky Manumpil (foto: Facebook/Ronald Kaka’ Rorong)

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Biro Administrasi dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Sulawesi Utara, Frangky Manumpil, menyatakan, kini saatnya daerah menjadi sutradara pelopor pembangunan dengan melihat faktor-faktor yang dapat menentukan pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurut Manumpil, apalagi kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O.E Kandouw saat ini, berbagai terobosan dilakukan untuk pembangunan Bumi Nyiur Melambai.

“Kalau kita lihat sekarang waktunya derah menjadi aktor sutradra dalam memacu seeta mengembangkan sektor-sektor ekonomi dengan berbagai inovasi dan kreativitasdan pemerintah pusat pasti akan mendorong itu,” ujar Manumpil.

Dijelaskan dia, dahulu daerah banyak menunggu program dari pemerintah pusat untuk diterapkan didaerah. Namun sekarang ini tidak lagi, atau sebaliknya daerah yang menyampaikan berbagai program pengembangan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat dan itu pasti akan didukung pemerintah pusat.

Lanjut Manumpil, untuk mendukung laju pertumbuhan ekonomi di Sulut tahun 2017 ini seperti arahan Gubernur Dondokambey, setelah pariwisata yang begitu fenomenal di tahun 2016 dengan kunjungan ribuan turis mancanegara maka sektor pertanian menjadi fokus yang menjadi perhatian pemerintah seiring dengan sektor sektor lain turut menjadi perhatian.

“Masalah pertanian menjadi perhatian yang disampaikan bapak Gubernur beberapa waktu lalu namun secara keseluruhan berbagai sektor pertumbuhan ekonomi juga akan berjalan secara simultan beriringan tanpa mengesampingkan sektor ekonomi lain,” terangnya.

Manumpil menambahkan, pertumbuhan ekonomi adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat di Sulawesi Utara terus meningkat. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment