Jalan Sepanjang 1Km Berbanderol Rp14 Miliar, Ini Istimewanya

Reporter : | 10 Jan, 2017 - 1:51 pm WITA

Jalan unik, Jalan termahal, wattway

(foto: Christophe Petit Tesson/EPA)

MANADOTODAY.CO.ID – Mungkin ini bisa menjadi jalan termahal di dunia. Jalan sepanjang 1km yang melalui desa Tourouvre-au-Perche, di Normandia, ditutupi dengan panel-panel tenaga surya.

Dikembangkan oleh Colas selama periode lima tahun, jalan, yang disebut ‘wattway’, akan menyalakan semua lampu jalan di desa, dan akan dilalui 2.000 pengendara setiap hari.

Salah satu masalah dengan tenaga surya adalah biayanya, Marc Jedliczka, wakil presiden Network untuk Energetic Transition, mengatakan kepada Le Monde.

“Ini tanpa diragukan lagi adalah kemajuan teknis, tetapi dalam rangka untuk mengembangkan energi terbarukan, ada prioritas lain selain gadget yang kita yakin bahwa itu sangat mahal daripada fakta fungsinya.” kata Jedliczka.

Investasi dalam panel surya tergantung pada jumlah sinar matahari yang diterima, artinya menempatkan mereka di Spanyol, mungkin akan lebih hemat biaya daripada di Inggris.

Menurut Bloomberg, setiap meter persegi jalan panel surya membutuhkan biaya € 2,500 (Rp35 juta) sedangkan jumlah totalnya € 5 juta (Rp14 miliar).

Ada rencana untuk membangun lebih banyak wattways di Calgary, Kanada dan Georgia, Amerika Serikat.

Sumber: Bloomberg.com

Baca Juga :

Leave a comment