Dorong Pembayaran Digital, Pemerintah India Ingin Punya Smartphone Seharga Rp400 Ribu

Reporter : | 09 Jan, 2017 - 3:28 pm WITA

india, Smartphone Murah

(foto: EPA/Mashable)

MANADOTODAY.CO.ID – Untuk mencapai satu miliar orang India yang masih tidak memiliki smartphone, pemerintah meminta para pembuat ponsel untuk membuat smartphone yang harganya kurang dari Rs 2.000 (Rp400 ribu) atau bahkan lebih rendah.

Para pejabat pemerintah baru-baru ini bertemu dengan produsen smartphone lokal, termasuk Micromax, Intex, Lava, dan Karbonn, untuk berbicara tentang penurunan harga smartphone, Economic Times melaporkan.

Pemerintah yakin dengan harga smartphone di bawah $ 30 (Rp 400ribu), akan lebih banyak orang India yang mampu membelinya, berharap bahwa langkah ini akan meningkatkan penetrasi mobile wallet dan pembayaran alternatif lain di negara itu, menurut laporan.

“Pemerintah telah mulai memungkinkan transaksi digital, yang tumbuh secara eksponensial sekarang, tapi mereka menyadari bahwa hanya sedikit smartphone murah di pasaran,” kata seorang pejabat.

Hal serupa diutarakan CEO Google Sundar Pichai, yang pekan lalu mengatakan perlunya smartphone $ 30 untuk pasar smartphone India.

Pichai menambahkan terebosan lain akan ditemukan setelah produsen mulai menjelajahi smartphone $ 30.

Pemerintah India ingin produsen lokal untuk mendorong sebanyak 20-25 juta smartphone ke pasaran secepatnya. Bagaimana perusahaan-perusahaan ini akan menurunkan harga tetap menjadi misteri, dengan pemerintah dilaporkan tidak menawarkan subsidi untuk smartphone.

India menarik banyak uang tunai pada bulan November tahun lalu. Setelah kejadian itu, India semakin beralih ke solusi pembayaran digital. Tapi kekurangan smartphone membatasi tujuan tersebut.

Sumber: Mashable.com

Baca Juga :

Leave a comment