Menangkan Lelang, Kimura Bawa Pulang Ikan Tuna Seharga Rp8,5 Miliar

Reporter : | 05 Jan, 2017 - 5:31 pm WITA

restoran sushi , Kiyoshi Kimura, Tuna King, ikan tuna termahal

Kiyoshi Kimura berpose dengan ikan tuna seharga Rp8,5 miliar miliknya (foto: AFP)

MANADOTODAY.CO.ID – Pengusaha restoran sushi terkemuka di Jepang, Kiyoshi Kimura aka ‘Tuna King’, (kembali) berhasil membawa pulang satu ikan tuna seharga 74.2 juta yen atau sekira Rp 8,5 miliar setelah memenangkan lelang¬†awal tahun di pasar ikan Tsukiji, Tokyo pada Kamis (05/01/2017).

Dan sekarang, pemilik rantai restoran Sushizanmai bisa berbangga atas kepemilikan ikan seberat 212 kilogram tersebut.

“Saya rasa itu agak mahal, tapi saya senang saya berhasil menang lelang tuna dengan kondisi dan ukuran yang baik,” kata Kimura.

Tidak hanya tahun ini, Kimura, dengan restoran sushinya yang telah menjadi merek nasional memenangkan lelang tahun pertama Tsukiji, tapi sudah enam tahun berturut-turut.

Pada tahun 2013, dia memecahkan rekor dengan membayar $ 1.8 juta (Rp 24 miliar) untuk tuna sirip biru, mengalahkan penawar lain dari Hong Kong.

Tahun lalu, dia memenangkan lelang dengan $ 117.000 (Rp 1,5 miliar) untuk tuna seberat 200kg.

Setiap tahun lelang berlangsung seru, menjadi sumber pemberitaan utama nasional.

Lelang pada 2017 bisa menjadi yang terakhir di Tsukiji, yang merupakan pasar ikan terbesar di dunia. Karena rencananya akan pindah ke lokasi baru pada bulan November, namun rencana rupanya ditunda sampai setidaknya akhir tahun ini menyusul adanya pencemaran di lokasi baru.

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, mengatakan pemindahan pada November bahkan bisa ditunda sampai “musim semi 2018″ tergantung pada hasil tes kesehatan, dan lingkungan.

Sumber: Japantoday.com

Baca Juga :

Leave a comment