Ilmuan Temukan Mesenterium, Organ Tubuh Baru Manusia

Reporter : | 04 Jan, 2017 - 3:42 pm WITA

Ilmuan Temukan Mesenterium, Organ Tubuh Baru Manusia

Gambar digital dari usus kecil dan besar yang terkait dengan mesenterium (foto: Calvin Coffey, D Peter O’Leary, Henry Vandyke Carter)

MANADOTODAY.CO.ID – Setelah sekian lama, sebuah organ tubuh baru ditemukan oleh para peneliti.

Dikenal sebagai Mesentery (Mesenterium), itu sebelumnya dianggap sebagai beberapa struktur terfragmentasi dalam sistem pencernaan. Tetapi para ilmuwan telah menyadari itu sebenarnya adalah sebuah organ.

Meskipun fungsinya masih belum jelas, penemuan membuka “daerah baru dalam ilmu pengetahuan,” menurut J Calvin Coffey, seorang peneliti di University Hospital Limerick yang pertama kali menemukan organ.

“Ketika kami mendekati (mesenterium), itu seperti setiap organ lain … kita bisa mengkategorikan penyakit perut dari sisi organ ini,” katanya.

“Sekarang kami telah menetapkan anatomi dan struktur. Langkah selanjutnya adalah fungsi. Jika anda memahami fungsi, anda dapat mengidentifikasi fungsi normal, dan kemudian anda memiliki penyakit. Tempatkan semua bersama-sama dan anda memiliki bidang ilmu mesenterika.” tambahnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal medis The Lancet.

Menyusul reklasifikasinya, mahasiswa kedokteran sekarang diajarkan bahwa mesenterium adalah organ yang berbeda.

Gray Anatomy, buku medis paling terkenal di dunia, telah melakukan pembaharuan untuk menyertakan definisi baru.

Mahasiswa kedokteran dan peneliti sekarang dapat meneliti apakah mesenterium mungkin punya peran pada penyakit perut, yang diharapkan pada akhirnya bisa mengarah pada pengobatan baru.

Organ adalah perlipatgandaan dari peritoneum – lapisan rongga perut – yang menahan usus kita pada dinding perut.

Hal itu pernah dijelaskan oleh Leanardo da Vinci pada tahun 1508, tetapi telah diabaikan selama berabad-abad, sampai sekarang.

Meskipun ada umumnya dianggap hanya lima organ dalam tubuh manusia, sebenarnya ada sekarang 79 organ, termasuk mesenterium.

Jantung, otak, hati, paru-paru dan ginjal adalah organ vital, tetapi ada 74 organ lain yang berperan menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Sumber: Telegraph.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment