Ini Program dan Kegiatan Pembangunan Pemkab Minsel di Tahun 2017

Reporter : | 04 Jan, 2017 - 1:04 pm WITA

Program Minsel 2017,

Kantor Bupati Minahasa Selatan

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Berbagai prestasi dan keberhasilan pembangunan yang diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) pada tahun 2016, membuat Bupati Chrsitiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar, terus berkomitmen dan bertekad mensejahterahkan masyarakat.

Untuk mewujudkan Minsel yang hebat dan terdepan, di tahun 2017 Bupati dan Wakil Bupati yang akrab disapa CEP-FDW, akan melaksanakan berbagai program pembangunan diantaranya:

– Pembangunan jalan dan jembatan dengan total anggaran Rp 84 Miliar Rupiah, pembebasan lahan jalan sebesar Rp 1.5 Miliar, lanjutan pembangunan Boulevard Amurang, pembangunan Irigasi sebesar Rp7 Miliar, pembangunan irigasi Karowa sebesar Rp5 Miliar, Saran air bersih sanitasi sebesar Rp8 Miliar, pembangunan air sulingan siap minum sebesar Rp1o Miliar, penambahan lampu jalan dan rehabilitasi perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

– Dibidang perkebunan akan dilakukan program peremajaan kelapa dan rehabilitasi cengkih dengan anggaran Rp2.7 Miliar.

– Dibidang Pertanian, peningkatan areal pertanian seluas 65 ribu hektar dengan anggaran sekitar Rp100 Miliar Rupiah, pengembangan padi seluas 2 Ribu hektar, perluasan areal sawah 100 hektarm pengembangan tanaman Cabai 60 hektar, bawang merah 35 hektar, kedelai 500 hektar, Sapi Indukan melalui Inseminasi buatan, pemberian bantuan bibit serta pupuk.

– Dibidang Kesehatan, penambahan 30 Ribu jumlah penerima Jamkesda dengan total anggaran Rp8 Miliar, Rp1.8 Miliar bagi Ibu melahirkan yang belum terdaftar dalam program Jamkesda dan Jamkesmas, Revitalisasi Puskesmas Amurang Timur sekitar Rp2.5 Miliar, dan rehabilitasi dan pembangunan gedung RSUD Amurang dengan sebesar Rp16.4 Miliar.

– Dibidang Pendidikan, akan melaksanakan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional PAUD, Dana Alokasi Khusus, Pembangunan Perpustakaan dan Laboratorium Sekolah, Rehabilitasi Ruang Kelas, Diklat Guru Pembelajar, Pembuatan Ruang Kelas Taman Kanak-kanak, Kompetensi Olahraga, pembinaan perwasitan serta Organisasi Kepemudaan.

– Disektor Pariwisata, akan dibangun objek Wisata Sasayaban dan Kuliner Pantai Ranoiapo.

– Disektor pemberdayaan Pedesaan akan dialokasikan Rp127.642.435 untuk Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp54 Miliar, guna untuk percepatan pembangunan, sehingga setiap desa akan memperoleh anggaran sebesar Rp1 miliar lebih. (sumber Humas dan TUP, Pemkab Minsel)

Sehubungan dengan berbagai program kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017, Bupati CEP dan Wakil Bupati FDW mengharapkan peran serta seluruh aparatur dan masyarakat, sehingga program pembangunan yang akan dilaksanakan berjalan optimal demi terwujudnya Kabupaten Minsel yang berdaya saing, beriman, mandiri, berbudaya, hebat dan terdepan. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment