SAS: HKN ke-52 Momentum Perkuat Komitmen Tingkatkan Kesehatan

Peringatan HKN ke-52 di Kota Tomohon
Peringatan HKN ke-52 di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengungkapkan, Hari Kesehatan Nasional ke-52 merupakan momentum untuk berbagai tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua dan untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Hal ini diungkapkannya saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan pada puncak peringatan HKN ke-52 di Kota Tomohon Selasa (13/12/2016) yang dilaksanakan di Aula Edelweis kelurahan Kolongan Satu Tomohon Tengah.

Menurutnya, semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan.

Wakil Wali Kota menerima  penghargaan dari BPJS
Wakil Wali Kota menerima penghargaan dari BPJS

Ditambahkannya, dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotiv sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

“Program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga,’’ jelas Sompotan membacakan sambutan menteri.

” Saya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia”, tutup Sompotan.

Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen dan dukungan nyata pemangku kepentingan termasuk sektor swasta dalam mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Dijelaskannya, Hari Kesehatan Nasional ke-52 diperingati oleh seluruh jajaran tenaga kesehatan di seluruh Indonesia termasuk Kota Tomohon.

Wakil Wali Kota menyerahkan penghargaan pengelola Puskesmas terbaik
Wakil Wali Kota menyerahkan penghargaan pengelola Puskesmas terbaik

‘’Peringatan HKN ke-52 tingkat Provinsi Sulut dilaksanakan di Bolaang Mongondow pada tanggal 24 November 2016 lalu,’’ tukasnya.

Kesempatan itu Kepala Cabang Kantor BPJS Kota Tomohon Ben Mandagi menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kota Tomohon karena telah menjamin rakyatnya sehat dan sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS.

Penghargaan diterima Wakil Wali Kota Tomohon. Sompotan juga menyerahkan penghargaan kepada para pengelola program terbaik di setiap Puskesmas yang ada di Kota Tomohon. Hadir dalam kegiatan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dra Truusje Kaunang, Asisten Administrasi Umum Ir Harold V Lolowang MSc, Inspektur Kota Ir Djoyke Karouw MSi, Kaban Narkotika AKBP Nico Pangeman, Kaban Penanaman Modal Ir Nova Rompas MSi dan seluruh pegawai di lingkup Dinas Kesehatan dan Sosial. (ark)