Super Baterai Baru Bisa di-Charge Penuh Hanya Dalam Hitungan Detik

Reporter : | 08 Des, 2016 - 8:47 pm WITA

Super Baterai, superkapasitor, teknologi polimer

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Baterai dalam waktu dekat bisa bertahan lebih lama, dan penuh jauh lebih cepat.

Sebuah terobosan di University of Surrey bekerjasama dengan University of Bristol, benar-benar bisa mengubah cara kita men-charge ponsel.

Para peneliti telah mengembangkan bahan baru yang dapat digunakan untuk membuat baterai 1.000 hingga 10.000 kali lebih kuat daripada baterai saat ini. Baterai juga akan lebih aman, penuh lebih cepat dan lebih baik bagi lingkungan.

Bahan adalah polimer jenis khusus yang digunakan untuk membuat ‘superkapasitor’, menyimpan energi dalam jumlah besar dan penuh dengan sangat cepat. Jika baterai normal dapat menyimpan energi dalam jumlah besar, namun diperlukan berjam-jam untuk penuh, sedangkan superkapasitor menyimpan lebih sedikit energi dan penuh dalam hitungan detik.

Sampai titik ini, mereka hanya mampu untuk menyimpan energi dalam jumlah kecil.

“Ada pencarian global untuk teknologi penyimpanan energi baru, dan ultra kapasitas superkapasitor baru memiliki potensi untuk membuka pintu perkembangan yang tidak terbayangkan.” kata Dr Brendan Howlin dari University of Surrey.

Universitas mencari mitra komersial untuk membuat perangkat penyimpanan energi super padat, dan berharap membuat prototipe pada musim semi tahun depan.

Elon Musk, CEO SpaceX, sebelumnya memprediksi superkapasitor kapasitas besar akan sangat berguna untuk mobil listrik – Anda bisa mengisi bahan bakar mobil listrik dalam hitungan menit, jika tidak dalam hitungan detik.

“Jika saya harus membuat prediksi, saya pikir ada kesempatan itu bukan baterai, tapi superkapasitor.” kata Musk.

Satu-satunya masalah meskipun penuh lebih cepat dibandingkan baterai tradisional, namun energi juga terkuras sangat┬ácepat – armada bus di China sudah menggunakan superkapasitor, tapi harus diisi ulang setiap dua atau tiga kali perhentian,

Nah, teknologi polimer ini bisa memperpanjang menjadi 20-30 perhentian sampai baterai bisa diisi ulang.

Sumber: Inhabitat.com

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.