Fakta Dibalik TES IQ, Apakah Itu Benar-benar Mengukur Kecerdasan Anda?

Reporter : | 07 Des, 2016 - 1:37 pm WITA

TES IQ, fakta TES IQ,

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Tidak seperti dulu, sekarang orang-orang bisa mengukur tingkat kecerdasan dengan mudah karena tes IQ banyak tersedia secara online – tetapi sulit untuk mengetahui mana yang paling terpercaya.

Dan sementara bagus untuk berpikir Anda dapat mengambil tes IQ instan, dan berpotensi menemukan bahwa Anda benar-benar jenius, kebanyakan orang jarang mempertanyakan apa sebenarnya artinya – atau bagaimana satu set pertanyaan benar-benar dapat mengukur tingkat kecerdasan seseorang.

Psikolog Stanford, Lewis Terman pernah menjelaskan IQ seperti ini: Jika subjek ‘usia mental’ sama dengan usia fisik, ‘intelligence quotient,’ atau IQ, didefinisikan tepat 100.

Jika subjek memiliki usia fisik lebih tinggi dari usia mental maka IQ kurang dari seratus; jika usia mental lebih tinggi, IQ di atas 100.

Sayangnya, tes IQ paling komprehensif sebenarnya tidak ada, karena itu tidak benar-benar berfungsi dengan baik.

Para ilmuwan berpendapat bahwa kecerdasan tidak bisa hanya diukur dengan menanyakan beberapa pertanyaan dan menilai skor.

Siddartha Mukherjee, pemenang Pulitzer Prize dan penulis Gene: An Intimate History, menjelaskan: Kecerdasan dan temperamen bukanlah lomba lari maraton: tidak ada kriteria tetap untuk sukses, tidak ada garis start atau finish – dan berjalan ke samping atau ke belakang, mungkin dapat mengunci kemenangan.

Singkatnya, tidak ada ukuran yang obyektif dari kecerdasan – itu adalah hal yang multifaset atau beragam.

Sumber: Indy100.com

Baca Juga :

Leave a comment