Pemerintah Desa di Mitra Dilatih Kelola Keuangan

Reporter : | 04 Des, 2016 - 8:03 pm WITA

Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Pemkab Mitra

Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Pemkab Mitra

MANADO, (manadotoday.co.id)- Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa.

Kepala BPMPD Mitra Drs Jotje Wawointana melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Frangky Batubuaja SE menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan sumber daya manusia aparat desa tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) agar tercipta pengelolaan keuangan yang baik, transparan dan akuntabel.

Bimtek berlangsung selama 3 hari mulai 30 November hingga 2 Desember 2016 di Quality Hotel Manado, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Farry Liwe MSc, diikuti 135 utusan desa, Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD), Inspektorat serta utusan dari BPMPD.

‘’Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyatakan bahwa pengeloalaan keuangan di desa harus menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang dibuat oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, tanpa dipungut biaya apapun,’’ jelas Batubuaja, Sabtu (3/12/2016).

Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra Ir Farry Liwe MSc mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut.

Menurut Liwe, melalui pelatihan ini diharapkan para aparatur pemerintah desa dapat meningkatkan kapasitas keilmuan sebagai unsur pengelola keuangan desa.

Meskipun berlangsung singkat, ia berharap Bimtek ini mampu memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan sebagai modal dalam menjawab beberapa persoalan yang dihadapi oleh aparatur pemerintah desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di desa.

(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.