Ilmuan Tidak Sengaja Temukan Baterai yang Bisa Bertahan Hingga 400 TAHUN!!

Reporter : | 30 Nov, 2016 - 2:42 pm WITA

Baterai , Mya Le Thai, Baterai 400 tahun

Mya Le Thai (foto: Steve Zylius / UCI)

MANADOTODAY.CO.ID – Para ilmuwan dari University of California di Irvine, telah mengembangkan baterai isi ulang yang mungkin dapat bertahan hingga 400 tahun!!. Penemuan ini hampir seluruhnya karena faktor ketidaksengajaan. Mereka sebenarnya mencoba merancang kawat berukuran nano untuk digunakan dalam baterai isi ulang biasa.

Kawat nano adalah konduktor yang sangat baik karena memiliki banyak area permukaan untuk menahan elektron. Tapi, itu juga sangat rapuh dan cenderung rusak setelah hanya beberapa kali diisi ulang.

Inilah sebabnya mengapa tim dari mahasiswa PhD, Mya Le Thai, meneliti sifat kawat nano yang terbuat dari emas dan ditanam dalam gel elektrolit khusus.

Selama penelitian, tim membuat penemuan mengejutkan: Baterai bertahan setaeah diisi ulang sebanyak 200.000 siklus dalam tiga bulan tanpa kehilangan daya. Menurut Good.is, baterai ini bisa menyalakan sebuah smartphone normal atau laptop selama 400 tahun.

“Itu gila,” kata Reginald Penner, pemimpin fakultas kimia universitas. “Biasanya, baterai ini turun (daya) dengan cepat setelah hanya lima atau enam ribu siklus, tujuh ribu paling banyak.”

Sedangkan para peneliti masih tidak yakin mengapa kombinasi gel dan kabel emas bisa membuat baterai super. Karena emas adalah bahan yang sangat mahal, para ilmuwan ingin mencoba beberapa alternatif sebelum mereka mulai memproduksi baterai dalam jumlah banyak.

Sumber: Businessinsider.de

Baca Juga :

Leave a comment