Peluang Warga Sulut Masuk TNI-AD Terbuka Lebar

Pangdam XIII Merdeka saat berkunjung ke Kota Tomohon
Pangdam XIII Merdeka saat berkunjung ke Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Menyusul terbentuknya kembali Komando Daerah Militer (Kodam) XIII Merdeka yang meliputi Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo dan Sulawesi Tengah (Sulteng), peluang warga Sulut untuk menjadi TNI-AD terbuka lebar.

Hal ini diungkapkan Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito saat mengunjungi Kota Bunga Tomohon tepatnya di Kantor Sinode Gereja Masehi Injili di MInahasa (GMIM).

‘’Ya, sebelumnya didominasi warga Sulawesi Selatan Karena Kodam berlokasi di sana, kini peluang terbuka bagi warga Sulut ketika telah memiliki Kodam sendiri,’’ ujar Pangdam yang murah senyum ini.

Jumlah personil TNI-AD yang ada di Kodam XIII Merdeka lanjut Pangdam, bisa mencapai 23 ribu.

Dalam pertemuan di Kantor Sinode GMIM, Pangdam banyak mendapat masukan dari Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM seperti Ketua Komisi P/KB Pnt Ir Stefanus BAN Liow yang mengusulkan asset TNI-AD di Tomohon yakni Eks Rindam untuk tukar guling dengan Pemkot Tomohon.

Begitu juga dengan usulan Ketua Komisi Pemuda Pnt Toar Pangkey MT yang mengusulkan kegiatan positif bagi pemuda. Sementara Wakil Sekretaris BPMS GMIM Bidang Data Pdt Petra Rembang memberikan apresiasi kepada TNI-AD yang telah mengizinkan di lahan miliknya dibangun gereja seperti di Wangurer Bitung dan di Pakowa Manado.

Pangdam sendiri mengaku sangat senang bisa bertatap muka dengan pemuka-pemuka agama di Kantor Sinode GMIM.

Pejabat Sementara Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Arthur Rumengan MTeol menyatakan akan melakukan kunjungan balasan ke Kodam XIII Merdeka ketika sudah diresmikan nanti.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Pejabat Sementara Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Arhur Rumengan MReol, Sekretaris BPMS GMIM Pdt Dr Henry Runtuweme MSi, bendahara BPMS GMIM Sym Recky Montong MTeol, Ketua Komisi P/KB Pnt Ir Stefanus BAN Liow, Ketua Komisi Pemuda  Pnt Toar pangkey MT, Wakil Sekretaris Bidang Data Pdt Petra Rembang, Wakil Sekretaris Bidang Hukum Pnt Johnly T Wendur MH, Asisten Teritorial Kodam XIII Merdeka Kol Inf Theo Kawatu, Asisten Intelejen Kol Echo, Dandim 1302 Letkol M Andhy Kusuma, Wakil Asisten Penerangan Kodam XIII Merdeka Letkol Vipy Amuranto, Perwira Penghubung Kodim 1302 di Tomohon mayor Inf Masgen Abas dan Dan Ramil Tomohon Kapten Feky Welang. (ark)

Add Comment