Kunjungi PT PGE Tomohon, Menteri ESDM Minta Pertamina dan PLN Kurangi Polusi

Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan rombongan ketika berada di salah satu sumur PT.PGE Lahendong Tomohon.
Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan rombongan ketika berada di salah satu sumur PT.PGE Lahendong Tomohon.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, mengunjungi PT Pertamina Geotermal Energy (PGE) Lahendong Tomohon Sabtu (26/11/2016).

Kunjungan yang turut didampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Ignasius meminta pertamina dan PLN mendukung pengembangan sektor pariwisata Sulut dengan mengurangi polusi dari hasil produksi.

‘’PLN dan Pertamina harus mengurangi polusi dari hasil produksi guna mendukung pengembangan pariwisata yang sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Sulut,’’ tegas Ignasius.

Pada kesempatan itu, Ia menyatakan sangat mendukung penuh program Gubernur Olly Dondokambey memajukan sektor pariwisata Sulut, di mana salah satunya yakni penyediaan energi seperti pasokan listrik yang memadai. “Saat ini pertamina telah mengembangkan tenaga listrik melalui geothermal. Untuk itu perlu dijaga dengan baik energi baru ini agar dapat menyumbang listrik untuk wilayah Sulut,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Ignasius memberikan arahan kepada para pekerja PT PGE Lahendong Tomohon. ‘’Para pengerja harus bekerja dengan baik dan tetap mengutamakan keselamatan kerja di lapangan,” tandasnya.

Wakil wali Kota Tomohon Syerly Sdelyn Sompotan dan Sekkot Dr Arnold pOli SH MAP ,engapit Menteri ESDM Ignasius Jonan
Wakil wali Kota Tomohon Syerly Sdelyn Sompotan dan Sekkot Dr Arnold pOli SH MAP ,engapit Menteri ESDM Ignasius Jonan

Usai meninjau PT PEG Lahendong Tomohon, Ignasius dan rombongan juga menyempatkan berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang ada Tompaso Minahasa.

Pada kesempatan itu, memantau sistem kerja pembangkit listrik berkapasitas 120 Mega Watt yang rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Desember 2016 mendatang.

Sementara Gubernur Olly merespon baik apa yang disampaikan Menteri ESDM kepada jajaran PLN dan Pertamina di Sulut. Menurutnya, tanpa dukungan dua perusahan negara ini kemajuan sektor pariwisata Sulut akan sulit berkembang. “Sebab listrik merupakan kebutuhan utama dalam menunjang pembangunan daerah,’’ tukasnya.

Sementara Waki Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) yang turut mendampingi menteri dan gubernur memberikan apresiasi terhadap kunjunhgan tersebut.

‘’Ini merupakan kehormatan bagi Kota Tomohon. Kunjungan menteri ini menggambarkan Kota Tomohon diperhatikan pemerintah pusat,’’ kata SAS didampingi Sekretaris Kota Dr Arnold Poli SH MAP. (ton/ark)

Add Comment