Wakil Bupati Minahasa Hadiri CSS XVI di Aceh

Reporter : | 26 Nov, 2016 - 7:44 am WITA

BANDA ACEH, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, mengikuti City Sanitation Summit (CSS) XVI tahun 2016 yang digelar Aliansi Kabupaten dan Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di AAC Dayan Dawood Darussalam Banda Aceh, Provinsi DI Aceh Kamis (25/11/2016).

Kegiatan yang dibuka Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, turut dihadiri Gubernur Aceh, Ketua Umum AKKOPSI HM Rizal Effendi, Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal, para Bupati dan Walikota se-Indonesia dan pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Menko Puan Maharani mengatakan bahwa air minum dan sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting untuk membangun manusia yang sehat.

‘’Apa yang dilakukan oleh para Bupati dan Walikota dengan mengkonverensikan terkait sanitasi itu, selaras dengan gerakan hidup sehat sebagai upaya bersama untuk hidup bersih dan sehat,” kata Menko.

Diharapkan Menko Puan, City Sanitation Summit yang merupakan agenda tahunan para Bupati dan Wali Kota yang tergabung dalam AKKOPSI ini akan dapat mengkonverensikan persoalan sanitasi sebagai sebuah upaya preventif kesehatan.

Sementara Ketua Umum AKKOPSI Rizal Effendy meminta seluruh Kabupaten dan Kota yang tergabung dalam organisasi itu untuk berkomitmen menyelesaikan segala persoalan sanitasi di seluruh daerah di Indonesia.

“Kita semua komitmen. Walaupun sibuk dengan Pilkada, masalah sanitasi tetap harus kita selesaikan,” ujar Rizal. Ditambahkannya, seluruh pimpinan daerah berkomitmen untuk mendukung target universal pemerintah yaitu terpenenuhinya kebutuhan sanitasi dan air bersih bagi masyarakat di tahun 2019.

“Target besar tersebut adalah kewajiban pemerintah untuk menyediakan layanan dasar untuk air minum dan sanitasi bagi seluruh warga negara 100 persen air minum, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen sanitasi di tahun 2019,” tukas Rizal yang juga menjabat Wali Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur ini. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment