Dukung Kedaulatan Pangan, Pemkot Tomohon Terus Perhatikan Petani

panen padi yang dilaksanakan di Kelurahan Woloan Dua Tomohon Barat
panen padi yang dilaksanakan di Kelurahan Woloan Dua Tomohon Barat

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemkot Tomohon terus melakukan gebrakan di bidang pertanian. Untuk mendukung kedaulatan pangan, petani diberikan bantuan benih bersertifikasi, pupuk, pestisida serta membuka akses jalan usaha tani,petani terus diperhatikan dengan memberikan bantuan berupa alat-alat pertanian.

Jumat (18/11/2016), Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Sekretaris Kota Dr Arnold Poli SH MAP menghadiri panen padi dan menyerahkan bantuan alat dan mesin kepada petani berlokasi di kawasan Persawahan Worosan Kelurahan Woloan Dua Tomohon Barat.

‘’Dengan adanya bantuan seperti ini, diharapkan terjadi peningkatan produksi baik tanaman pangan maupun hortikultura,’’ kata Poli membawakan sambutan Eman.

Provitasi tanaman pangan komiditas padi di Kota Tomohon adalah 55 kwintal/HA. Ini berdasarkan target produksi yang ditetapkan oleh provinsi untuk Kota Tomohon 8.639 ton Gabah Kering Giling (GKG). Sampai bulan oktober 2016 produksi untuk Kota Tomohon telah mencapai 8.862 ton Gabah Kering Giling (GKG).

Sampai dengan bulan desember nanti Dinas Pertanian, peternakan dan Perikanan Kota Tomohon optmis untuk produksi padi akan mencapai angka 10.918 ton GKG.

Dengan demikian angka tersebut telah melebihi target yang telah disepakati oleh pemerintah Kota Tomohon dengan pemerintah Provimnsi Sulut di tahun 2016.

Pemberian bantuan alat pertanian untuk petani
Pemberian bantuan alat pertanian untuk petani

Walikota berharap, dengan adanya berbagai bantuan yang diberikan kepada para petani, diharapkan akan memberikan dampak bagi peningkatan produksi pertanian di kota Tomohon, serta ada peningkatan kesejahteraan petani.

Pemerintah juga mengharapkan adanya perubahan sikap dari petani konvensional yang mengandalkan tenaga kerja manusia menjadi petani modern dengan emkanisasi pertanian.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kadis Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut Dr Ir Arie Bororing MSi, mewakili DANDIM 1302 Minahasa Danramil `1302/06 Tomohon Kapten Inf Feky Welang, Kepala Balai Pengkajian Pertanian Provinsi Sulut Dr Jacklin Motulo, Anggota DPRD Tomohon Frets Keles ST, Kaban Ketahanan Pangan Tomohon Ir Vonny Pontoh MBA, Kaban BP4K Tomohon Ir Jantje Ering, Kaban Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan Max Mentu SIP MAP serta petani–petani penerima bantuan. (ark)

Add Comment