Wah, Banyak Orangtua Menganggap Anak Obesitas itu ‘Sehat’

MANADOTODAY.CO.ID – Orang tua seringkali menyalahartikan anak obesitas sebagai anak yang sehat, atau tidak mengenali resiko kesehatan dari kelebihan berat badan atau tidak aktif, menurut sebuah penelitian.

Anak-anak dari keluarga yang disurvei untuk penelitian dibawa ke sebuah klinik obesitas di Rumah Sakit Anak Hasbro.

“Sepertiga mengkategorikan kesehatan anak mereka sangat baik,” kata peneliti Dr Kyung Rhee, asisten profesor pediatri di Universitas California, San Diego.

Rhee mensurvei lebih dari 200 keluarga pada tahun 2008 dan 2009 untuk mengevaluasi kesiapan mereka dalam membantu anak-anak untuk menurunkan berat badan. Dia menemukan bahwa 28 persen dari orang tua tidak melihat berat badan anak mereka sebagai masalah kesehatan. Tetapi para ahli tahu bahwa obesitas memiliki efek buruk jangka panjang ataupun pendek bagi kesehatan, termasuk risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

31 persen orang tua berpikir kesehatan anak mereka sangat baik.

Orang tua lebih mungkin mencoba untuk meningkatkan kebiasaan makan anak daripada meningkatkan aktivitas fisik, Rhee menemukan.

Sementara 61 persen mengatakan mereka mencoba untuk meningkatkan kebiasaan makan, hanya 41 persen mengatakan mereka meningkatkan tingkat aktivitas anak mereka.