Agar Tidak Kerepotan Saat Harus Membawa Bayi Naik Pesawat

MANADOTODAY.CO.ID – Meg Collins, penulis e-book ‘Flying With Baby’, menawarkan tips bagi Anda yang ingin bepergian melalui jalur udara sambil membawa bayi Anda.

Yang pertama yang harus Anda siapkan adalah kursi portabel. Ini adalah salah satu item yang harus bawa ketika anda berwisata bersama bayi Anda. Ini memudahkan Anda untuk memindahkan bayi dari mobil ke kursi pesawat.

“Bawa kursi portabel, agar anda dapat dengan mudah memindahkan bayi dari kursi mobil ke kursi pesawat,” kata Collins dikutip dari webmd.com.

Lagi pula, menurut Federal Aviation Administration lengan orang tua tidak memberikan perlindungan memadai selama turbulensi. Tempat terbaik untuk bayi adalah dengan mengamankannya di kursi portabel. Pastikan kursi portabel mempunyai stiker yang menunjukkan bahwa itu dapat digunakan di mobil dan pesawat.

Sedangkan untuk rencana makan, “menyusui adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan saat di pesawat,” kata Collins.

Susu formula dapat membuat Anda sedikit kerepotan. Namun jika harus, Collins mengatakan bawa satu botol dengan beberapa liners atau yang berukuran besar bukannya membawa banyak botol. Ingat, susu foruma hanya dapat bertahan 1 jam pada suhu kamar.

Susu formula bubuk lebih mudah, tapi anda harus meminta air hangat pada pramugari. Selalu pastikan air tidak terlalu panas.

Untuk penggantian popok, usahakan membawa popok yang mudah diganti atau dipakaikan pada bayi, sekarang sudah banyak tersedia di pasaran popok sejenis itu.

Kemudian jaga jadwal tidur bayi agar tidak rewel, perhatikan jadwal tidur siang agar Anda tidak perlu repot-repot menenangkan mereka saat menangis. Jangan lupa juga bawa beberapa mainan agar mereka tetap sibuk dan tidak rewel.

“Ketika anak Anda benar-benar terlihat lelah,” kata Collins, langsung bawa mereka ke dokter anak ketika sudah mendarat.

Lepas landas dan pendaratan adalah penyebab paling besar bayi menangis, karena telinga bayi lebih sensitif terhadap perubahan tekanan. Ini bisa sangat menyakitkan. Begitu pilot mengumumkan akan mendarat, susui bayi untuk mengurangi tekanan pada telinga. Jika itu tidak berhasil, gosok dengan lembut telingan Anak anda.

Sumber: webmd.com