Pemprov Sulut dan IPDN Kerjasama Dalam Pemberdayaan Praja

Reporter : | 17 Nov, 2016 - 7:08 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), akan melakukan kerjasama dalam pemberdayaan Praja IPDN. Hal itu terungkap pada rapat antara Pemprov Sulut dan IPDN yang digelar di Badan Diklat Provinsi Sulut, Kamis (17/11/2016).

Kerjasama yang akan disepakati dalam MoU, untuk pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) dan pengabdian pada masyarakat bagi Praja IPDN.

“Pertemuan ini dalam rangka mempersiapan kerangka kerjasama IPDN dan pemerintah provinsi Sulut agar keberadaan IPDN bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Kepala Biro Administrasi Akademik Perencanaan dan Kerjasama IPDN, Yusharto H.

Dikatakan dia, rencana kerjasama ini meliputi praktek lapangan bagi praja IPDN, pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, pengembangan laboratorium pendidikan dan pemerintahan melalui laboratorium desa dan kelurahan, penyedian bantuan tenaga ahli (nara sumber, dosen maupun pelatih) pada kegiatan pelatihan bimbingan teknis lokakarya atau seminar bidang kepamongprajaan, penyediaan , pengelolaan, dan pemanfaatan sarana dan saran penunjang pendidikan dan program pemprov Sulut sebagai destinasi Tourism berbagai bidang lainnya, pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan profesi kepamongparajaan dan program pasca sarjana S2 dan S3 Ilmu Pemerintahan, bidang lainnya yang relevan dengan upaya pengembangan kapasitas kelembagaan, managemen pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan.

“Sulawesi utara sebagai fokus praktek lapangan penelitian pengabdian bersama IPDN pada tahun 2017. Sulawesi utara sebagai fokus pengabdian masyarakat melalui pendampingan masyarakat oleh dosen IPDN,” ujar Yusharto.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Femmy Suluh mengatakan, Pemprov Sulut sangat mensuport dalam pemberdayaan praja termasuk program dari IPDN yang mendukung program pemerintah Sulut karena ini berkaitan dengan program OD-SK.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Badan Diklat Sulut, Noudy Tendean, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur IPDN Sulut Benhard Rondonuwu. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment