Rasa Nasionalis Terkikis, GPPMP Sulut Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

MANADO, (manadotoday.co.id) – DPD Generasi Penerus Pejuang Merah Putih (GPPMP) Sulawesi Utara, bertekad untuk terus mensosialisasikan UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, yang merupakan empat pilar kebangsaan.

Hal ini ditegaskan Ketua DPD Generasi Penerus Pejuang Merah Putih (PPMP) Sulawesi Utara, Hein Kojongian kepada wartawan.

Menurut Kojongian, kalangan generasi muda adalah pokok sosialisasi empat pilar kebangsaan ini.

“Sosialisasi 4 pilar kebangsaan penting agar seluruh masyarakat terlebih generasi muda paham dengan pilar kebangsaan kita,” ungkap Kojongian.

Empat pilar kebangsaan menurutnya adalah landasan masyarakat untuk membangun negara yang didalamnya dihuni oleh berbagai macam golongan dan tentunya memiliki kepentingan yang juga beragam.

“Walaupun suku agama dan RAS kita berbeda-beda, tapi kita tetap satu. Perbedaan yang ada tidak akan menjadi persoalan, jika kita memahami ke empat pilar yang menjadi pegangan kita dalam berpikir tentang kebangsaan, “paparnya.

Untuk itu lanjut Kojongian, DPD GPPMP Sulut berkeinginan untuk bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sulut dalam menggelorakan terus rasa nasionalisme khususnya  bagi para siswa yang masih duduk di bangku sekolah.

“Jiwa nasionalis generasi muda semakin terkikis akibat pengaruh negatif globalisasi. Yang paling berpengaruh saat ini yakni teknologi internet yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Apa lagi bagi anak muda internet sudah menjadi santapan mereka sehari- hari, seperti di media sosial. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak, kita akan mendapat kerugian. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya,” urai Kojongian sembari berharap pemerintah dapat mendukung niat baik dari GPPMP.

“Kami ingin bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan lewat bangku sekolah baik itu SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa,” jelasnya. (tim)