Hari Pahlawan, Pemkab Minahasa Gelar Upacara dan Tabur Bunga

Reporter : | 10 Nov, 2016 - 6:52 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa menggelar upacara dan tabur bunga, dalam rangkah memperingati Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2016). Upacara yang dilaksanakan di halaman kantor bupati Minahasa, dipimpin Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Moh Andi Kusuma. Sedangkan ziarah dan tabur bunga dipimpin Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK di halaman Makam Pahlawan Nasional Dr Sam Ratulangi, Tondano.

Upacara tersebut turut dihadiri Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Forkopimda, Asisten II Dr Wilford Siagian MA, Kaban Bapelitbangda Ir Jacky Walukouw, Kadis Sosial Royke Kaloh SH dan jajaran pejabat Pemkab lainnya, diikuti pula oleh para ASN Pemkab, para Siswa SMA/SMK dan para Veteran Kemerdekaan serta Organisasi Kemasyarakatan lainnya.

Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Moh Andi Kusuma ketika membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, mengatakan peringatan Hari Pahlawan ini sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, semangat persatuan dan kesatuan membentuk dalam membangun negara,” ujar Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Moh Andi Kusuma, mengutip sambutan Mensos RI.

Lanjut dia, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa.

“Saya mengajak seluruh masyarakat terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini,” kata Andi Kusuma lagi. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment