Kanker Payudara Renggut Nyawa Wanita Setiap 75 Detik

Kanker Payudara, cegah Kanker Payudara ,
(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Menurut data statistik terbaru, kasus baru kanker payudara didiagnosis setiap 29 detik dan membunuh wanita setiap 75 detik.

“Kanker payudara berkembang karena beberapa faktor, interaksi yang masih belum sangat dipahami dengan baik.” kata Dr Kanchan Kaur, Direktur layanan payudara Medanta

Sayangnya, karena tidak ada formula ajaib untuk mencegah kanker payudara, cara terbaik untuk melindungi diri adalah sadar tentang deteksi dini, sehingga jika berkembang akan terdeteksi pada tahap awal dan dapat diobati.

“Kanker payudara adalah penyakit yang sering disebabkan oleh faktor kombinasi, bukan faktor tunggal. Kecuali ada mutasi genetik langsung.” ungkap Dr Sidharth Sahni, dari Rumah Sakit Apollo Indraprastha, India.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan seorang wanita menurut saran Dr Sahni:

1) Diet sehat

Tidak ada makan ‘anti-kanker’ yang spesifik. Namun, pada dasarnya memerlukan diet kaya protein dan serat dan rendah karbohidrat (terutama karbohidrat olahan) dan lemak.

2) Olahraga

Penting untuk menjaga indeks massa tubuh (BMI) pada berat badan normal. Obesitas terkait dengan peningkatan kanker sekitar 30-35 persen.

3) Kehamilan dan menyusui

Anak pertama sebelum usia 30 tahun dan menyusui untuk 6-18 bulan mungkin menurunkan risiko kanker.

4) Katakan tidak pada tembakau dalam bentuk apapun

5) Konsumsi alkohol kurang dari 4 kali seminggu

Sumber: Times of India

Add Comment