Sulut Optimis Dapat Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen, menyatakan, pihaknya optimis akan mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Menurut Silangen, hal itu bukan tanpa alasan, sebab komitmen Pemprov Sulut meningkatkan pemberdayaan perempuan sangat kuat. Salah satu buktinya, jumlah perempuan yang mengisi jabatan kepala SKPD mencapai 30 persen, dan ini tidak ada di daerah lain.

Dikatakan Silangen, komitmen pemberdayaan perempuan, diwujudkan dengan program pembangunan, seperti peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak, peningkatan peran perempuan dalam proses pembangunan, dan peningkatan pengarusutamaan gender.

Lanjut Silangen, baru-baru ini juga Tim Verifikasi dari Kementrian PPA yang diketuai Sri Soesiko Rini, telah mengunjungi Sulut mencari lebih dalam lagi dari data-data yang sudah bagus, yang sebelumnya sudah diasampaikan kepada mereka.

Selain itu, mengetahui sejauh mana instansi yang ada memahami atau memberikan kontribusi terhadap pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak.

Diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan bagi institusi atau pemerintah daerah atas komitmennya dalam melaksanakan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (ton)