Jangan Gunakan 10 Password Ini Jika Tidak Ingin Akun Anda Diretas

Reporter : | 07 Nov, 2016 - 7:59 pm WITA

Password , Password yang aman, cara buat Password

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Harus mengingat password atau kata sandi adalah salah satu hal paling menyebalkan dalam menggunakan internet.

Meskipun para ahli keamanan cyber sering mengingatkan pentingnya menggunakan password kompleks yang sulit ditebak, masih banyak yang memilih kenyamanan dari pada keamanan.

Menurut analisis baru dari password yang baru-baru ini bocor dari data Yahoo, pilihan paling populer masih “123456” dan “password”.

Dengan “qwerty”, “abc123″ dan “walcome” juga masuk dalam daftar, para peneliti dari Universitas Lancaster dan Peking and Fujian Normal universities di China, mengatakan memilih password yang sederhana seperti memanggil peretas untuk membobol akun Anda.

“Mengapa [beberapa] menggunakan password yang jelas seperti itu? Alasan utama yang saya pikir adalah bahwa mereka tidak menyadari adanya atau tidak memahami risiko keamanan online,” Dr Jeff Yan dari Lancaster University yang turut menulis laporan, mengatakan kepada Mail online.

Sepuluh password paling umum dalam database Yahoo yang bocor adalah:

1. 123456

2. password

3. welcome

4. ninja

5. abc123

6. 123456789

7. 12345678

8. sunshine

9. princess

10. qwerty

Selain sepuluh di atas, para peneliti mengatakan orang-orang sering mendasarkan password menurut informasi pribadi, seperti nama, umur dan tanggal lahir – yang semuanya bisa dengan mudah diretas.

Jika Anda menggunakan salah satu dari password di atas, atau berpikir perlu meningkatkan keamanan online Anda, lihat tips ini dari perusahaan keamanan cyber, Sophos, tentang cara menciptakan password yang aman:

BENAR:

– Menggunakan kalimat password dan buat itu relevan. Contohnya “knot my pencil” dan tulis  sesuatu seperti ini: Kn0tmyP3n$il

– Buat berdasarkan yang bisa Anda bayangkan. Itu akan lebih mudah diingat

– Buat lebih dari 10 karakter yang menyertakan huruf kapital, angka dan simbol

– Semakin pribadi semakin baik. Jika ingin membuat akun di situs jual beli baju, gunakan password seperti “mY5orit3$hirt’sR3d” (baju favorit saya berwarna merah)

SALAH:

– Menggunakan nama: binatang peliharaan, bisnis, keluarga, teman, dll

– Hanya gunakan huruf atau angka: 1234, abcd, dll

– Gunakan tanggal lahir, alamat, kode pos, bahkan jika Anda menambahkan nomor atau simbol

– Kurang dari 10 karakter

– Menyimpan password di Internet

Sumber: Mirror.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.