Puncak Hari Jadi Minahasa ke-588 Sukses

Reporter : | 07 Nov, 2016 - 6:53 pm WITA

hut minahasa, hut minahasa 2016TONDANO, (manadotoday.co.id) – Puncak acara Hari Jadi Minahasa ke-588 digelar dalam bentuk Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa yang dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw berlangsung sukses pada Sabtu (5/11) di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, berlangsung sukses.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang mendampingi Gubernur Olly Dondokambey di meja pimpinan Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH didampingi oleh Wakil Ketua Careig Runtu SIP dan Ventje Mawuntu SE.

Tampak hadir Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan SIP, Wagub Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut Andre Angow, Anggota DPR RI Djendry Keintjem SH, Anggota DPD RI Stefanus Liow, Forkopimda Sulut, Walikota Bitung Max Jonas Lomban SE MSi, Wagub Minut Ir Joppy Lengkong, Wabup Minsel Frangky Wongkar SH, Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Forkopimda Minahasa, jajaran Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) dan undangan lainnya. Selain itu, tampak Ketua TP PKK Sulut Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Seeve Korengkeng-Warouw, ibu Mangindaan-Tumbuan, para Anggota DPRD Sulut Dapil Minahasa dan lain-lain.

Perayaan Hari Jadi Minahasa tahun 2016 yang berlangsung hikmat, meriah dan sangat sukses ini, terlihat berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Diperayaan tahun ini tampak Bupati JWS, Wabup Ivansa, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, para pejabat Pemkab, Camat, Lurah, TP PKK mengenakan Pakaian Adat Minahasa.

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengatakan bahwa di usia ke-588 Kabupaten Minahasa telah banyak memberikan sumbangsih pembangunan bagi Provinsi Sulawesi Utara. Warga Minahasa harus terus bersatu mendukung semua pembangunan yang dijalankan pemerintah serta semua rencana ke depan.

“Minahasa merupakan tolak ukur pembangunan Sulut ke depan. Minahasa telah menciptakan banyak Kabupaten baru. Terus lakukan perubahan di segala bidang guna menopang pertumbuhan ekononi daerah, Pemerintah Provinsi terus mensuport pembangunan di Minahasa,” ungkap Gubernur Dondokambey.

Sementara Bupati JWS dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Ketua karena telah menuntun Pemerintah dan masyarakat Minahasa dengan selamat sejahtera, sehingga bisa menginjakkan kaki di usia ke 588.

“Selamat Hari Jadi Minahasa Ke 588 kepada seluruh masyarakat Minahasa. Dengan kita merayakannya, itu boleh menjadi motivasi bagi Tou Minahasa untuk terus bekerja keras dalam menjadikan Minahasa sejahtera, damai, aman dan nyaman,“ ungkap JWS.

“Di bawah kepemimpinan Bupati JWS dan Wabup IvanSa, Kabupaten Minahasa mampu mengukir prestasi signifikan di sektor pendidikan, ekonomi, pertanian, kesehatan dan pembangunan infrastruktur. Berbagai prestasi berhasil dicapai, antara lain, prestasi dua kali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sulut, tiga kali berturut-turut meraih Juara Stand Pameran Pembangunan pada kegiatan HUT Provinsi Sulut, pretasi Wahana Tata Nugraha (WTN) tingkat Nasional, dan berbagai prestasi nasional lainnya, termasuk kesuksesan Tim Voli Puteri Sulut yang berhasil meraih medali perunggu dalam PON XIX 2016 di Jawa Barat lalu karena turun tangannya Bupati JWS membina olahraga itu,” ujar Rawung selaku Ketua DPRD Minahasa di dampingi wakil ketua Careig N Runtu dan Ventje Mawuntu selaku pimpinan sidang.

Dalam Perayaan Hari Jadi Minahasa ini ditandai pula dengan pemasangan lilin dengan angka 588 di Kue HUT yang tersusun dari kue-kue tradisional Minahasa oleh Gubernur Olly Dondokambey. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment