Wawali Manado Ingatkan Komitmen PNS Soal Pemberantasan Pungli

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan mengharapkan penghargaan National Procurement Award 2016 yang diterima Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA di Jakarta Kamis (3/11) pekan lalu, bisa menjadi pemicu semangat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, khususnya dalam memberantas pungutan liar (Pungli).

“Mempertahankan itu lebih sulit dari pada merebut. Oleh karena itu, suatu tantangan bagi kita di jajaran pemerintah Kota Manado untuk mampu berkomitmen dalam upaya pemberantasan Pungli. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen kita, namun jangan berpuas diri, tetapi marilah kita berupaya untuk mempertahankan dan kita perlu tingkatkan profesionalitas kita sebagai abdi negara,” tukas Wawali Mor saat mewakili Walikota GSVL memimpin apel perdana bulan November 2016 di ruang Serbaguna kantor Walikota Manado, Senin (07/11) pagi tadi.

Menurut Wawali Mor, keberhasilan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Manado yang ditandai dengan diraihnya penghargaan tersebut menjadi tantangan bagi Pemkot Manado untuk mampu mempertahankan komitmennya dalam pemberantasan Pungli.

Meski demikian diakui Wawali, masih nanyak PNS di Pemkot Manado yang belum memahami betul tugas pokok dan fungsinya sebagai aparatur pemerintah.

“Saya masih temukan adanya PNS yang tidak memahami tupoksinya. Bahkan, pernah saya melakukan sidak (inspeksi mendadak) masih ada PNS yang tidak disiplin, masih ada ruangan-ruangan yang kosong disaat jam kerja. Padahal, kita telah bertekad untuk menjalankan pemerintahan ini dengan baik, dengan disiplin dan tanpa adanya Pungli,” pungkas Wawali Mor.

Dalam kesempatan itu, Wawali Mor menyerahkan piala dan sertifikat penghargaan National Procurement Award 2016 yang diraih LPSE Kota Manado kepada Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan sekaligus Ketua LPSE Kota Manado Stery Akay, untuk disimpan. Seperti diketahui, penghargaan National Procurement Award 2016 kategori Komitmen 100% eProcurement diterima Walikota GSVL saat berlangsung Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LPSE di Balai Kartini, Kartika Expo, Jakarta, Kamis (3/11) pekan lalu.(*tim)

Add Comment