Biro Umum Sulut Pakai “SAPU” Permudah Pengurusan Administrasi

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan ke masyarakat termasuk kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Biro Umum Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pakai program Sistem Administrasi Pelayanan Umum (SAPU).

Karo Umum Jemmy Ringkuangan, mengatakan, program SAPU ini merupakan salah satu proyek perubahan dalam administrasi pelayanan umum.

“Program ini berupa aplikasi yang memiliki sistem yang terintegrasi, transparan dan akuntabel. Dimana setiap SKPD dapat mengetahuinya keberadaan surat di Biro umum yang telah ditindaklanjuti pimpinan, pimpinan dapat mendisposisikan surat walaupun tidak berada di tempat. Artinya, pimpinan boleh menandatangani surat secara elektronik tanpa harus berada ditempat kerja,” ujar Ringkuangan.

Aplikasi ini lanjutnya, masyarakat bisa mendapat ruang informasi dan respon yang cepat dan akurat dari pimpinan untuk segala keluhan dan harapan masyarakat.

“Termasuk pula protokoler, mudah mendapat informasi sehingga dapat menindaklanjuti agenda pimpinan dengan cepat dan akurat,” terang Ringkuangan.

Seperti diketahui, program ini telah dilanching pada pekan lalu, yang dibuka langsung Asisten Administrasi Umum Ch Talumepa.

Menurut Talumepa, di era modernisasi saat ini banyak menimbulkan berbagai kemudahan dan peluang, seperti kemajuan tehnologi, namun turut disertai dengan dampak negatif berupa ancaman dan permasalahan apabila disalah gunakan.

“Karenanya penyelenggara pelayanan umum di lingkungan pemerintahan terus dituntut melakukan perubahan terkait dampak negatif dari perkembangan tehnologi ini,” tukasnya. (ton)

Add Comment