Pemkab Mitra Gelar Sosialisasi Pembakuan Rupa Bumi

Reporter : | 04 Nov, 2016 - 8:28 pm WITA

Sosialisasi Pembakuan Rupa Bumi

Sosialisasi Pembakuan Rupa Bumi

RATAHAN, (manadotoday.co.id)- Pembakuan nama Rupa Bumi dianggap penting dan strategis sebagai suatu cara untuk tertib administrasi dalam membentuk kesamaan pemahaman dalam penulisan, pengejaan, pengucapan dan penginformasian. Terutama informasi mengenai letak geografis dan batas wilayah yang jelas.

Hal ini dikatakan Kepala Bagian Pemhum Setdakab Mitra Novry Raco SSos ketika memberikan laporan pada kegiatan Sosialisasi Pembakuan Nama Rupa Bumi, Jumat (04/11/2016) yang diikuti oleh para camat, hukum tua dan lurah se-Mitra.

Maksud tujuan pelaksanaan sosialisasi ini dalam rangka mewujudkan pemerintahan daerah yang otonom sehingga perlu dilakukan pembakuan nama rupa bumi guna mewujudkan tertib administrasi.

“Data dan informasi akurat mengenai nama rupa bumi serta nama unsur unsur rupa bumi di wilayah Mitra berupa nama jalan, pantai, danau, bukit hingga gunung dapat diinventarisasi datanya sehingga dapat dibakukan,” katanya

Sementara Sekretaris daerah Ir Farry Liwe membuka Sosialisasi mengatakan, selain nama rupa bumi adalah kode dan data wilayah administrasi pemerintahan yang memuat tentang kode dan nama wilayah administrasi pemerintahan provinsi, kabupaten-kota, kecamatan, kelurahan dan desa serta nama wilayah, luas wilayah dan jumlah penduduk.

“Semuanya harus dirinci karena hal ini penting untuk mendukung pelaksanaan administrasi pemerintahan, administrasi kependudukan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah,” tukas Liwe. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment