Menstruasi Ternyata Bisa Buat Perempuan ‘Lebih Pintar’

Reporter : | 01 Nov, 2016 - 5:32 pm WITA

Menstruasi , efek Menstruasi , dysphoria pra-menstruasi , PMDD

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Jika Anda sering menderita sebelum dan selama periode menstruasi, Anda akan senang mengetahui bahwa saat-saat itu tidak semuanya buruk.

Selain bukti bahwa tubuh Anda berfungsi dengan baik, sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa perempuan akan lebih “pintar” ketika mereka berada pada waktu paling subur.

Para peneliti di Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences di Leipzig menemukan bahwa area otak pusat yang membentuk memori, suasana hati dan emosi manusia, ukurannya meningkat bersamaan dengan meningkatnya kadar estrogen.

Ketika mereka mempelajari hubungan antara hormon pada wanita dan perubahan suasana hati yang parah, mereka menemukan bahwa meningkatnya kadar estrogen memperbesar hippocampus.

Kemudian, karena kadar estrogen menurun setelah wanita mulai menstruasi, daerah otak mulai menyusut.

Peningkatan dan penyusutan terjadi dengan “keteraturan menakjubkan”, para peneliti melaporkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pemahaman yang lebih baik dari kondisi yang disebut gangguan dysphoria pra-menstruasi (PMDD) – suatu kondisi yang diperkirakan mempengaruhi satu dari 12 wanita.

“Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari gangguan ini, pertama kita harus mengetahui ritme bulanan otak seorang wanita yang sehat.” kata Julie Sacher, salah satu penulis penelitian.

Sumber: Indy100.com

Baca Juga :

Leave a comment