Peningkatan Kapasitas Hygiene Makanan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kesehatan dan Sosial menggelar kegiatan pengkajian pengembangan lingkungan sehat serta peningkatan kapasitas hygiene sanitasi pangan (makanan dan minuman), dilaksanakan di aula Agape GMIM Bait El Kamasi Kamis (17/10/2016).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Assisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa S Sos MSi saat membuka kegiatan mengatakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku dalam keamanan makanan dilingkungan sekolah dan masyarakat perlu dilakukan berbagai upaya yang intens sehingga dapat merubah pola pikir dan perilaku masyarakat berkaitan dengan kesehatan.

Lumowa menjelaskan bahwa mengacu pada peraturan pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 tentang keamanan mutu dan gizi pangan mengamanatkan agar selaku pemerintah diharuskan mampu melindungi masyarakat dari pengaruh buruk yang dihasilkan dari dampak makanan yang tidak sehat karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup disamping minuman, oleh karena itu kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam upaya peningkatan kapasitas hygiene sanitasi makanan dan minuman.

“Melalui kegiatan diharapkan kepada masyarakat terlebih para pengelolah rumah makan, restoran dan kantin sekolah memperoleh pengetahuan tentang hygiene sanitasi pangan (makanan dan minuman) mulai dari penanganan bahan baku sampai pada pengelolahan dan penyajian secara hygiene,’’ tukas Lumowa.

Sebelumnya Kadis Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang pengelolahan rumah makan dan restoran serta kantin sekolah dalam hal penanganan bahan baku sampai pada proses pengelolahan dan penyajian secara hygiene, disamping itu untuk mendapatkan hasil capaian program kesehatan lingkungan yang ada di Kota Tomohon.

“Kegiatan ini berlaku hari ini dan besok,” jelas Liuw. Narasumber dalam kegiatan kepala seksi penyehatan lingkungan dinas kesehatan Provinsi Sulut Wiliam Han Tamawiwi bersama staff seksi Bimdal kesehatan lingkungan dinas kesehatan Provinsi Sulut Frangkie Karinda SST. Hadir sebagai peserta para pengelola/pemilik rumah makan, pengelola/pemilik restoran dan para pengelola kantin sekolah. (ark)

 

Add Comment