Pemkot Tomohon Sosialisasi Jaringan Internet

Sosialisasi jaringan internet di lingkup Pemkot Tomohon
Sosialisasi jaringan internet di lingkup Pemkot Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Bagian administrasi data elektronik sekretariat daerah Kota Tomohon mengadakan Sosialisasi jaringan internet tentang pemanfaatan teknologi baru guna mewujudkan jaringan internet pemerintahan yang lebih terbuka yang dilaksanakan di aula lantai III kantor Walikota Tomohon Kamis (27/10/2016).

Kepala Bagian administrasi data elektronik Sekretariat Daerah Kota Tomohon Dra Meity A Rau MPd saat melaporkan kegiatan mengatakan maksud dan tujuan kegiatan agar dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugasnya demi untuk peningkatan kinerja dalam pelayanan publik serta menyiapkan SDM yang handal dan professional guna menuju terselenggaranya sistem kepemerintahan dalam upaya mempercepat aliran informasi.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membawakan sambutannya mengatakan, sosialisasi jaringan internet tentang pemanfaatan teknologi baru guna mewujudkan jaringan internet pemerintahan yang lebih terbuka ini penting agar sumber daya manusia aparatur pemerintah Kota Tomohon semakin memiliki pemahaman yang luas terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta dapat memahami tentang smart city (Kota Cerdas)”.

Meningkatkan kinerja pelayanan publik serta dapat menghasilkan SDM yang handal dan professional guna mewujudkan visi dan misi walikota dan wakil walikota Tomohon khusunya program dedicated (Program Unggulan) EMAS Tomohon, yaitu E-government, Merubah wajah kota, Akselerasi pembangunan dan Smart city services. Untuk mensukseskan program smart city services bagian hukum pemerintah kota tomohon dalam waktu dekat ini akan membuat MoU dengan KPK sesuai juga dengan hasil kunjungan kerja di pemerintah Bandung, Surabaya dan Denpasar.

Terkait visi dan misi pelayan publik tersebut  tahun 2017 pemerintah akan membuat SOP dalam urusan perizinan di kantor walikota yang akan beralih fungsi menjadi kantor pelayanan publik serta juga mendukung disiapakan front liner sebagai sarana informasi dan juga mmenyediakan  terminal serta shuttle bus untuk  digunakan masyarakat yang hendak mengurus perizinan.

‘’Melalui pengembangan E-government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur, agar masyarakat khususnya yang ada di kota tomohon, dapat dengan mudah memperolah akses informasi dan layanan pemerintah daerah, melalui penggunan media internet,” kata Eman sekaligus membuka sosialisasi ini secara resmi.

Dalam kegiatan ini menampilkan Yauli Rindengan ST MSi selaku narasumber yang juga dosen fakultas teknik Universitas Sam Ratulangi saat memberikan materi menjelaskan mengenai faktor-faktor yang menguntungkan dengan aplikasi smart city yaitu; mendorong dan mengembangkan pola baru struktur kepemimpinan, bekerja sama dengan melibatkan semua pihak, membangun dan menggunakan infrastruktur pintar dan mempersiapkan model pembiayaan yang mampu menjawab tantangn dan peluang ke depan.

Turut hadir  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ronny Lumowa SSos MSi, narasumber Edmond Komansilan ST MCS, perwakilan dari SKPD termasuk kecamatan dan kelurahan. (ark)