Pemkab/Pemkot di Sulut Diminta Kembangkan Potensi Daerah Masing-masing

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut), pemerintah kabupaten dan kota di Sulut, diminta mampu mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, ketika memimpin rapat koordinasi bersama Tim pengentasan kemiskinan daerah yang dilaksanakan di kantor Bappeda Provinsi Sulut, Senin (31/10/2016).

Menurut Kandouw, pengembangan potensi di setiap daerah, akan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Seperti contohnya, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menunjang kemajuan pariwisata Sulut.

“Artinya banyak hal yang bisa dikembangkan untuk masyarakat. Sebagai pemerintah daerah, harus menjadi motor dalam  mengembangkan UKM,” tukasnya.

Lanjut Kandouw, kepada para Kepala Daerah yakni Bupati dan Walikota di Sulut, diharapkan pula rajin berkoordinasi dengan Pemprov Sulut untuk menuntaskan kemiskinan daerah.

“Pemerintah daerah harus selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi terkait perkembangan pengentasan kemiskinan dan hal apa saja yang harus dilakukan serta kekurangan daerah yang perlu diperbaharui. Banyak indikator yang harus dipenuhi agar daerah bisa bebas dari kemiskinan,” terang Kandouw

Ia menambahkan, adanya rapat koordinasi ini banyak hal bisa dibahas dan menjadi masukan dalam menuntaskan kemiskinan daerah.

“Tahun 2017 nanti, angka kemiskinan daerah di Sulut harus dapat berkurang 1.2 persen,” pungkasnya. (ton)