Merasa Terganggu Dengan Suara Orang Mengunyah? Mungkin Anda Menderita Misophonia

Misophonia, gangguan suara,
(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Apakah Anda merasa jengkel jika ada seseorang yang mengunyah dengan mengeluarkan suara didekat Anda?

Misophonia, yang berarti membenci suara’, adalah suatu kondisi baru yang diakui menyebabkan orang-orang yang memilikinya akan merasa stres, marah, terganggu dan, dalam kasus yang ekstrim, suara akan memicu tindak kekerasan.

Ini bukan masalah sepele, penderita mengatakan rasanya seperti ditinju di perut atau seperti berulang kali disengat lebah.

Meredith Rosol, seorang guru berusia 25 tahun yang didiagnosis dengan misophonia dua tahun lalu mengatakan kepada Independen bahwa dia tidak makan bersama dengan orangtuanya selama lebih dari 10 tahun, jika terpaksa, harus menggunakan penyumbat telinga.

Arjan Schröder, seorang psikiater di Academic Medical Center di Amsterdam, mengatakan kepada Motherboard bahwa hal ini biasanya dimulai sekira umur 13 atau 14 tahun, ketika sebagian besar gangguan kejiwaan mulai terjadi. Hal ini terjadi dalam keluarga, sehingga mungkin ada juga komponen genetik.

Pengobatan umum untuk gangguan jenis ini mulai dari terapi, teknik relaksasi dan konseling.

Sumber: Indy100.com

Add Comment