Pokja Pengarusutamaan Gender Mitra Dilantik

anak-mitraRATAHAN, (manadotoday – Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Farry Liwe MSc Jumat (28/10/2016) melantik Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender, sekaligus mengukuhkan Forum Anak Daerah (FAD) di upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Bupati Mitra.

Pokja tersebut nantinya bertugas dalam perencanaa, pelaksanaan, dan pemantauan pemantauan serta evaluasi atas kebijakan yang berkaitan dengan persamaan gender.

“Melalui ini akan ada sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah terkait kebijakan. Termasuk anggaran yang akan disiapkan dalam setiap program kegiatan mengampanyekan persamaan gender,’’ ujarnya.

Pokja tersebut lanjut Liwe, mempersiapkan sumber daya berkualitas yang dapat terlibat dan lebih efektif dalam pelaksanaan kebijakan di masyakakat.

Liwe mengingatkan agar wadah tersebut benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam upaya pemenuhan hak bagi para anak.

‘’Kiranya ini dapat menjadi pelopor dalam mewujudkan anak-anak yang beriman, cerdas, berkreatifitas serta berkarakter,” tukasnya.

Sementara untuk FAD diharapkan bisa merangkul seluruh anak yang ada di Minahasa Tenggara, dengan berbagai macam latar belakang.

‘’Yang paling penting juga bagi anak-anak yang berada di desa-desa yang jauh dari keramaian, atau mereka yang berkebutuhan khusus,” tandasnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Dra Fenggy Wurangian menambahkan, Pokja Pangarusutamaan Gender segera menyusun rencana aksi daerah.

‘’Begitu juga dengan FAD segera melakukan kegiatannya sebagai media bagi anak-anak untuk menyuarakan aspirasi dalam pemenuhan hak mereka. Kami akan turut memfasilitasinya,’’ tandas Wurangian. (ten)

Add Comment