Launching EMAS-ODSK, Proses Pencairan Dana di DPPKBMD Tomohon Hanya Satu Hari

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak membawakan sambutan pada Launching EMAS-ODSK
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak membawakan sambutan pada Launching EMAS-ODSK

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Upaya untuk mempercepat dan memudahkan pelayanan terus dilakukan Pemkot Tomohon. Salah satunya mempercepat proses pencairan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik daerah (PPKBMD) melalui program e-money a save one day service key (EMAS-ODSK).

Jumat (28/10/2016), Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melaunching penggunaan program EMAS-ODSK yang ditancang oleh Kadis PPKBMD Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MSi MKes yang merupakan Proyek Perubahan di Diklat PIM II Makasar.

Dalam laporannya mengawali kegiatan, Karwur  menjelaskan bahwa tujuan program EMAS-ODSK  ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme pengelola keuangan daerah sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan pengelolaan keuangan daerah sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan dan akuntabel.

‘’Ya, melalui program ini, pencairan dana hanya dalam waktu satu hari, dengan syarat berkas,’’ jelasnya.

Sementara PKP2A II LAN Makassar Dr Muhammad Aswad MSi mengatakan, bahwa setiap instansi pemerintah harus mampu memiliki pemikiran2 inovasi dalam rangka memajukan instansinya masing-masing. Melalui program pemerintah untuk setiap instansi-instansi dapat membuat 1 inovasi dalam 1 tahun dan apabila hal ini terjadi dapat diyakini pemerintah daerah tersebut pasti akan semakin maju.

”Saya mewakili pihak PKP2A II LAN Makassar sangat berbangga, karena dari sekian banyak Kabupaten Kota di kawasan Indonesia Timur ini, Kota Tomohon telah mewujudkan diri sebagai daerah yang mampu membuat inovasi-inovasi yang terbaik paling tidak dalam lingkungannya.” ungkapnya.

Wali kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa EMAS – ODSK adalah pelayanan publik di bidang pengelolaan keuangan dengan percepatan pencairan dana yang aman dan penerbitan SP2D satu hari selesai.

“Dalam proses penerbitan surat perintah pencairan dana (SP2D) berlaku satu hari, apabila dokumen-dokumen pendukung dinyatakan memenuhi syarat dan lengkap. Apabila dokumen SPP/SPM, dokumen pendukung lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak lengkap maka akan diterbitkan surat penolakan penerbitan SP2D selama 1 hari kerja,” terang wali kota

”Ruang lingkup penyelenggaraan EMAS-ODSK ini diharapkan dapat mengatur lebih baik budaya kerja aparatur pelaksana bidang pengelolaan keuangan daerah di lingkungan pemerintah Kota Tomohon, kemudian dalam rana proses pengambilan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan pemanfaatan aplikasi Kasda Online bersama Bank Sulut, dan penerapan EMAS-ODSK melalui sistem dan prosedur yang telah ditetapkan diharapkan dapat menyumbang  setidaknya lima budaya kerja yakni; komitmen melayani, artinya memberikan pelayanan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan pada saat ini dan masa yang akan datang, baik secara eksternal maupun internal organisasi sehingga tercipta kepuasan dan kepercayaan pelanggan,’’ harap Wali kota.

Pemanfaatan aplikasi Kasda online telah dilakukan ikatan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Tomohon, BPKP perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dan Bank Sulutgo.

Launching EMAS-ODSK
Launching EMAS-ODSK

Aplikasi Kasda Online ini dapat memberi dampak positif terhadap pelayanan publik dan dapat dirasakan pemerintah diantaranya untuk mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D, memudahkan pemerintah dalam memantau transaksi keuangan daerah, mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga dan memudahkan pemerintah melakukan rekonsiliasi keuangan.

Sebagaimana diketahui, aplikasi e-office  memiliki beberapa manfaat dalam pengelolaan administrasi di kantor/instasi. Di antaranya, mempercepat proses surat-menyurat, kebutuhan kertas akan berkurang, memperkecil terjadinya pemalsuan surat dinas, menyimpan surat yang telah diterima maupun dikirim oleh seluruh pengguna dalam format elektronis sehingga pengguna dapat mengakses surat tersebut kapanpun dan dimanapun dengan mudah.

berbagai manfaat program dan aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel serta diharapkan dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Pemasaran Bank SulutgoMeyky Taluwuna, Manager BI Sulut Meike Rantung, mewakili Gubernur Sulut Kepala BPKBMD Olvi Ateng SE MSi, Kepala DPPKBMD Bolaang Mongondow Utara Aang Wardiman, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur, Ketua Pengadilan Negeri Tondano julien Mamahit SH MH, Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK, Perwakilan Kajari Tomohon Anita Kula SH, mewakili Dandim 1302 Perwira Penghubung Mayor Inf Masgen Abas, anggota DPRD Kota Tomohon Piet HK Pungus SPd dan Frets Keles ST, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon serta undangan.(ark)

Add Comment