Menteri Desa PDTT: Dana Desa Bisa Digunakann Untuk Majukan UMKM

Menteri Desa PDTT, Dana Desa, Eko Putro Sandjojo, UMKM
Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, ketika memberikan sambutan di kegiatan yang digelar di Minahasa Utara

SULUT, (manadotoday.co.id) – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, mengatakan, dana desa yang diberikan pemerintah bisa digunakan untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dana desa bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur desa, namun bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa dengan memajukan UMKM yang ada di desa melalui pembentukan badan umum pemberdayaan desa,” ujar Menteri Eko Putro, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Kamis (27/10/2016).

Lanjutnya, pemerintah daerah diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dana desa. Pemerintah daerah harus memberdayakan masyarakat untuk pembangunan sektor pariwisata.

“Pemerintah pusat akan terus membantu daerah melalui dana desa dimana setiap tahun dana untuk desa akan terus ditingkatkan. Saat ini dana desa telah mencapai angka 46 Triliun, tahun dipan akan ditambah menjadi Rp.60 triliun,” terang Menteri Eko Putro.

Disisi lain, Menteri menyatakan Sulut diharapkan menjadi provinsi percontohan pembangunan desa bagi seluruh daerah di Indonesia.

“Sulut menjadi percontohan karena Presiden Joko Widodo sangat perduli dengan pembangunan desa si daerah pinggiran Indonesia. Sulut menjadi prioritas karena berada di beranda terdepan NKRI,” tandasnya, sembari menambahkan Sulut harus fokus pada pembangunan di bidang pariwisata.

Sementara itu, Wagub Sulut Steven Kandouw, mengatakan, Pemprov Sulut selalu mengawal dengan baik penyaluran dana desa agar bisa terealisasi dengan baik. Atas saran yang diberikan Menteri Eko, Kandouw mengajak kepada pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Sulut untuk menggunakan dengan baik bantuan pemerintah pusat tersebut karena semua keberhasilan dalam pemanfaatan dana desa kembali akan dirasakan daerah sendiri. (ton)

Add Comment