Menghitung Dengan Jari Ternyata Bisa Buat Anak Tambah Pintar

Menghitung Dengan Jari , Persepsi jari , mahir matematika
(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Banyak orang berpikir bahwa anak yang menghitung dengan jari merupakan anak yang bodoh, namun penelitian menemukan bahwa hal itu malah dapat membuat anak-anak jadi lebih pintar, mengatakan anak-anak yang tanggap dengan jari┬ámereka cenderung lebih terampil matematika.

Persepsi jari – kemampuan untuk membedakan, mengenali atau terampil menggunakan jari – dikaitkan dengan keterampilan matematika, kata para peneliti.

Dalam rangka untuk menganalisis bagaimana pikiran bekerja saat melakukan aritmatika, Ilaria Berteletti dari Universitas Gallaudet di Amerika Serikat bersama rekannya memindai otak dari 39 anak-anak antara usia delapan sampai 13 tahun saat mereka mengurangi dan mengalikan satu digit angka.

Hasil scan menunjukkan dua wilayah otak yang berhubungan dengan jari – area somatosensori, yang merespon sensasi seperti tekanan, rasa sakit atau panas dan area motor, yang mengontrol gerakan. Keduanya aktif selama pengurangan, meskipun anak-anak tidak menggunakan jari untuk mencari jawaban.

Tidak ada aktivitas otak yang sama saat tugas perkalian, yang menurut para peneliti sebagai refleksi dari bagaimana anak-anak belajar untuk mengurangi berbanding dengan bagaimana mereka belajar untuk menambah, The Wall Street Journal melaporkan.

“Anda mungkin belajar pengurangan menggunakan jari-jari Anda. Perkalian mungkin diberikan secara lisan dan dengan menghafal ” kata Berteletti.

Para peneliti tidak yakin apakah jari dapat membuat anak-anak lebih mahir matematika. Namun, mereka yakin bahwa anak-anak yang memiliki persepsi jari lebih baik, cenderung lebih terampil matematika.

Sumber: NDTV.com

Add Comment