Lima Masalah Kesehatan Jika Mengkonsumsi Garam Berlebihan

garam, efek garam,yodium
(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Tidak terbayang bagaimana rasa makanan jika tidak ditambahkan garam, tetapi tidak hanya menambah ras, garam juga mempengaruhi tubuh kita dengan cara-cara yang tidak bisa Anda bayangkan. Kita semua tahu bahwa garam, yang merupakan sumber utama yodium, akan menyebabkan gondok jika kurang dikonsumsi, tetapi jika digunakan berlebihan, garam juga bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda.

1. Kembung

Menurunkan jumlah konsumsi garam benar-benar dapat membantu Anda mengurangi kembung. Konsumsi garam yang berlebihan meningkatkan tingkat natrium dalam tubuh kita. Hal ini menyebabkan tubuh mempertahankan cairan berlebihan yang menyebabkan kembung.

2. Tekanan darah tinggi

Semakin banyak asupan garam, semakin banyak natrium dalam tubuh kita, dan semakin banyak natrium, semakin tinggi tekanan darah. Menurut penelitian, menurunkan konsumsi garam sekira 4,6 gram dapat menurunkan tekanan darah. Mengingat dampak dari tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk mengatur asupan garam agar Anda dapat mengendalikan jumlah natrium dalam tubuh.

3. Berpotensi penyakit jantung

Sodium baik bagi tubuh kita, tetapi jika berlebihan akan fatal. Bahkan, itu berkaitan dengan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung dan stroke; dan konsumsi garam berlebih akan menggandakan ancaman. Orang-orang yang rentan terhadap penyakit tersebut adalah perokok, orang usia lanjut, penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Jadi jika Anda merasa salah satu dari mereka, Anda harus sangat berhati-hati dengan asupan garam.

4. Kemampuan kognitif memburuk

Peningkatan tekanan darah terkait dengan masalah otak. Orang yang mengkonsumsi garam berlebihan akan membuat tubuh rentan terhadap penurunan kemampuan kognitif. Jadi konsumsi garam berlebih dan olahraga selama 30 menit setiap hari untuk tubuh yang sehat fisik dan mental.

5. Masalah ginjal

Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring limbah dari darah. Jika fungsinya terganggu, dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam darah, tingkat darah yang abnormal dan berakhir dengan kematian. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal karena memberi tekanan ekstra pada arteri. Menurut sebuah studi, ketika orang-orang dengan penyakit ginjal mengkonsumsi lebih sedikit garam, ginjal mereka akan mengalami sedikit perbaikan.

Add Comment