Tingkatkan PBB-P2, BPHTB dan Perekonomian, Pemkot Tomohon Kunker ke Tabanan Bali

Kunjungan Pemkot Tomohon ke Tabanan Bali
Kunjungan Pemkot Tomohon ke Tabanan Bali

TABANAN, (manadotoday.co.id)—Kiat peningkatan perekonoian dan pendapatan melalui pajak terus dilakukan Pemerintah Kota Tomohon.

Untuk itu, Kamis (20/10/2016), Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak didampingi Asisten Administrasi Umum Ir Harold V Lolowang, Kadis Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (PPKBMD) Dr Juliana Dolvin Karwur MSi MKes dan Kabag Humas dan Protokol Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Tabanan Provinsi Bali.

Tujuan Kunker tersebut adalah untuk mengetahui kiat-kiat sehingga bisa sukses dalam meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Perdesaan (PBB-P2), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta kepariwisataan dan pertanian.

Wali Kota juga memaparkan potensi bunga dan mengundang Kabupaten Tabanan untuk berpartisipasi dalam even Tomohon International Fower Festival (TIFF) tahun 2017 mendatang.

Kunjungan diterima Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuty. Dalam pertemuan tersebut,  Bupati Tabanan memaparkan potensi  pertanian dan pariwisata yang dimiliki sehingga mampu menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Tabanan.

Tabanan merupakan daerah agraris yang memiliki sistem pertanian yakni subak. Menurutnya, subak di Tabanan sudah diatur dalam sebuah awig-awig.

‘’Di Tabanan, pertanian kita sinergikan dengan pariwisata. Karena dua sektor ini tidak bisa dipisahkan dan menjadi ikon Tabanan sekaligus memberikan pemasukan terbesar bagi daerah,“ ujarnya.

Pada kesempatan ini Bupati Eka yang didampingi Kadispenda menjelaskan secara rinci tentang bagaimana kiat-kiat sukses dalam peningkatan PBB-P2 dan BPHTB.

Dalam kunjungan tersebut, Wali kota membawa 23 lurah dan mendengarkan langsung kiat-kiat yang dilakukan Pemkab Tabanan dalam meningkatkan PBB-P2 dan BPHTB untuk diterapkan di Kota Tomohon.

Bupati Tabanan berharap, ke depan Kabupaten Tabanan dan Kota Tomohon bisa menjalin kerja sama baik di bidang pertanian dan pariwisata, sehingga dua sektor ini tetap bisa menjadi andalan bagi daerah masing-masing. (ark)

Add Comment