Temui Saito, Petani yang Mengenakan Setelan Jas Setiap Pergi ke Sawah

Reporter : | 17 Okt, 2016 - 9:52 pm WITA

Kiyoto Saito, Kengo, Jepang, petani jas, petani

(foto: Kaburamai Blog)

MANADOTODAY.CO.ID – Kiyoto Saito, seorang petani padi muda dari Kengo, prefektur Yamagata, Jepang, sedang mencoba untuk mengubah persepsi orang-orang tentang petani melalui pakaian yang tidak biasa. Apakah sedang mengemudi traktor, atau berdiri sawah yang becek, Kiyoto selalu mengenakan jas elegan lengkap dengan kemeja dan dasi.

Keluarga Kiyoto telah menanam padi di ladang sekitar Kengo selama sekira 400 tahun, namu saat masih berusia remaja, ia tidak ingin melanjutkan tradisi, dan pindah ke kota. Dia kemudian pulang ke kampung kelahirannya beberapa tahun yang lalu bertekad untuk mulai berkeluarga dan terlibat dalam bisnis keluarga, tetapi dengan cara yang berbeda.

Ide mengenakan jas di lahan pertanian dimulai dari sebuah lelucon. Suatu hari, di meja makan, saudaranya bercanda tentang bertani munggunakan setelan elegan, tapi Kiyoto menganggapnya serius. Dia melihat ide sebagai cara sempurna untuk mengubah persepsi publik tentang petani di Jepang.

“Kebanyakan orang berpikir petani ‘kotor sepanjang hari dan tidak menghasilkan banyak uang,” katanya kepada Zoomin TV. “Saya ingin anak-anak berpikir ‘pertanian tampak menyenangkan’.

Kiyoto Saito, Kengo, Jepang, petani jas, petani

(foto: Kaburamai Blog)

Namun untuk sampai ke titik itu tampaknya sulit pada awalnya, dan tidak ada seorang pun mengerti apa yang dia lakukan di sawah berpakaian seperti pekerja kantor atau pengusaha.

“Mereka tidak bisa mengerti mengapa saya mengenakan setelan jas,” kenang Kiyoto. “Salah satu petani mengatakan ‘Apakah Anda mengejek kami’?”

Bahkan keluarganya terkejut dengan pakaian yang dia kenanakan, pada awalnya. Tapi hal-hal berubah seiring waktu berlalu, dan orang-orang mulai mengerti dengan apa yang Kiyoto lakukan, dan hari ini, Kiyoto Saito, mengatakan banyak orang mendukung gayanya.

“Jadi saya akan tetap memakai baju saya,” katanya.

Seorang petani dengan setelan jas saat di kebun adalah pemandangan langka, sehingga tidak mengherankan jika Saito tampil dalam surat kabar terbesar Jepang, Yomiuri Simbun. Dia juga memiliki blog di mana ia secara teratur memposting pengalaman pertanian dan foto-foto dirinya saat sedang bekerja, dengan setelan mewah tentunya.

Baca Juga :

Leave a comment